Fitur Keselamatan New Toyota Avanza Tidak Selengkap Mitsubsihi Xpander

Mobil Baru

Fitur Keselamatan New Toyota Avanza Tidak Selengkap Mitsubsihi Xpander

JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) masih belum melengkapai Toyota Avanza dan Veloz Facelift 2019 dengan fitur keselamatan lebih lengkap, kalah dari kompetitor terkuatnya Mitsubishi Xpander.

New Toyota Avanza dan Veloz facelift 2019 baru saja diluncurkan kemarin (Selasa, 15 Januari 2019). Beragam ekspektasi menyertai, termasuk penambahan beragam fitur kelengkapan pendukung termasuk sistem keselamatan aktif. 

Namun seperti kita ketahui bersama, New Toyota Avanza dan Veloz facelift 2019 hanya mengalami minor change. Artinya, praktis hanya mengalami ubahan pada tampilan eksterior dan interior yang meliputi penggunaan sistem audio serta digital AC display baru plus desain cluster meter. 

Lainnya, pihak Toyota hanya melakukan penyesuaian pada sistem suspensi juga sistem insulasi atau peredaman kabin. Keduanya dipercaya mampu meningkatkan kenyamanan berkendara.

Sayang tidak seperti kompetitor terberatnya Mitsubishi Xpander, New Toyota Avanza dan Veloz facelift 2019 belum dilengkapi sistem keselamatan Active Stability Control (ASC) juga Hill start assist (HSA). Keduanya fitur ini tentunya mampu meningkatkan keselamatan saat berkendara dalam kondisi pengendaraan yang beragam.

Menanggapi hal itu, Executive Chief Engineer New Avanza & Veloz, Kazu Toshi Sakamoto mengatakan, bahwa dengan kondisi saat ini kedua model kendaraannya sudah aman. Dan terbukti telah mendapat sertifikasi dari lembaga keselamatan wilayah Asia Tenggara.

"Sistem keselamatan ada 2, pasif dan aktif. Pada 2015 kami sudah menambahkan sistem keselamatan pasif pada Toyota Avanza dan Veloz serta telah teruji dengan mendapat full bintang dari Asean NCAP," jelas Sakamoto.

Dia juga menambahkan bahwa pada model terbaru ini, peningkatan telah dilakukan pada driving stability. Ia tidak mengungkapkan secara jelas bagian mana yang mendapat ubahan, namun mempersilahkan untuk merasakannya langsung dengan melakukan ujicoba. 

Dengan informasi ini praktis New Toyota Avanza dan Veloz facelift 2019 hanya memiliki sistem keselamatan aktif pada rem ABD serta EBD. Masih cukup tertinggal dibandingkan dengan kompetitor terberat Mitsubishi Xpander maupun Suzuki Ertiga. [Ari]

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support