Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

First Drive Chery Tiggo 5X Versi Indonesia, Banyak Bedanya Dari Versi China

Review

First Drive Chery Tiggo 5X Versi Indonesia, Banyak Bedanya Dari Versi China

JAKARTA - Setelah sempat tertunda sekitar dua tahun, PT Chery Sales Indonesia secara resmi meluncurkan Tiggo 5X di Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) di bulan Februari 2024 lalu. Tiggo 5X merupakan evolusi model Tiggo 4 Pro yang sempat diperkenalkan pada 2022.

Adapun model yang meluncur di Indonesia kali ini merupakan facelift yang sudah meluncur di China tahun lalu. Saya pun berkesempatan secara langsung mencoba versi otentik (made in China) saat berkunjung ke fasilitas produksi Chery di Wuhu, dan kali ini mencoba versi lokalnya (rakitan Indonesia).

Alasan Chery tak memakai nama Tiggo 4 Pro tak lain karena budaya China yang menganggap angka 4 tidak membawa keberuntungan. Untuk itu, namanya kemudian diubah menjadi Tiggo 5X dengan harapan mobil ini dinaungi keberuntungan dan diterima konsumen global dengan antusias.

Harga dan Tipe Chery Tiggo 5X

Untuk kebutuhan tiap negara, Chery tentu melakukan improvisasi soal fitur maupun karakter berkendara dari produk mereka. Hal ini juga terjadi pada Chery Tiggo 5X yang sudah memakai final spec khusus untuk pasar Indonesia.

PT Chery Sales Indonesia menyediakan dua tipe dari Tiggo 5X yaitu:

  • Classic Rp269 juta
  • Champion Rp299 juta

Adapun harga selama pre booking di IIMS mendapat potongan sebesar Rp20 juta dari masing-masing tipe.

Chery Tiggo 5X dibekali dengan mesin 1.500 cc non turbo, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 112 hp/6.000 rpm dengan torsi maksimal 138 Nm/2.750 Nm. Sebagai gambaran, tenaganya masih di bawah Hyundai Creta tapi lebih oke dari Mitsubishi XForce. 

Secara umum, spesifikasi mesin dan jenis transmisi Tiggo 5X versi China dan rakitan lokal hampir tidak ada bedanya. Perbedaan baru saya rasakan saat mengendarai mobil tersebut sehingga mengetahui karakternya berubah.

Kali ini saya akan mengulas impresi awal mengendarai Chery Tiggo 5X di kawasan reklamasi Pantai Indah Kapuk 1 dan 2. Tak perlu berlama-lama, simak ulasannya berikut ini.

Penampilan Chery Tiggo 5X Lebih Sederhana

Melihat wujud Tiggo 5X versi lokal secara umum seperti tak ada bedanya dengan versi China. Namun oleh Chery tetap ada beberapa improvisasi soal detil eksterior dan interior agar harganya bisa kompetitif melawan small SUV dari brand Jepang. 

Secara fisik, Tiggo 5x memiliki dimensi Panjang 4.318 mm, Lebar 1.830 mm, Tinggi 1.670 mm, Wheelbase 2.610 mm dan Ground Clearance 180 mm. Posturnya termasuk besar dan agak panjang karena dimensinya lebih dari empat meter. 

Apabila diperhatikan lebih jeli, Tiggo 5X tipe Champion masih memakai velg single tone. Sementara itu, versi China telah memakai velg dual tone dan velg berkelir hitam. Untuk unit versi Indonesia memakai velg berdiameter 16 inci.

Selebihnya, detil eksteriornya cukup mengesankan mulai dari grill dengan frame beraksen krom dikombinasikan diamond cut. Lampu depan LED dengan

fitur Daytime Running Lights (DRL) dengan material crystal diamond lens.

Sensasi Berkendara Chery Tiggo 5X, Suspensi Lebih Keras dan CVT Sering Delay

Perbedaan lainnya kami temukan saat mengendarai Chery Tiggo 5X ini, dimana karakter CVT cukup berbeda antara versi Indonesia dan versi China. Kali ini, CVT di Tiggo 5X cukup sering delay saat mobil diajak akselerasi spontan.

Saat kami coba untuk akselerasi spontan di trek lurus, ternyata ada jeda 2-3 detik pada transmisi CVT untuk merespon setelah kickdown. Mesin harus menggerung beberapa saat sebelum akhirnya mobil melesat saat kita kickdown pedal gas. Ini sedikit kontras dengan tenaga mesin yang di atas kertas cukup bagus untuk memberikan sensasi fun to drive.

Dengan karakter CVT yan delay-nya agak lama ketika pengemudi kickdown, membuat karakter Tiggo 5X kurang ideal untuk pengemudi agresif. Ini kami rasakan saat mencoba akselerasi spontannya menuju kecepatan 120 km/jam dan mobil tidak langsung melesat karena delay CVT.

Handling Lincah Didukung Karakter Suspensi Lebih Keras

Bicara handling berkendara, Tiggo 5X ini cukup lincah, minim limbung dengan radius putar yang kecil. Mobilnya siap diajak bermanuver tajam serasa mengendarai city car. Stabilitas ini juga didukung fitur (Electronic Stability Control).

Namun demi menjaga stabilitas bermanuver, kami merasa kalau karakter suspensi Tiggo 5X versi Indonesia dibuat lebih keras dibandingkan versi China.

Karakternya agak keras tapi masih tidak menghentak saat melewati jalan berlubang atau speed trap. Namun dengan karakter suspensi seperti ini membuat mobil jadi stabil saat menikung di kecepatan tinggi.

Sebagai gambaran, Tiggo 5X versi China yang dulu kami coba itu karakter suspensinya empuk mirip seperti di Mitsubishi XForce. Untuk unit versi Indonesia, redaman suspensinya agak kenyal yang karakternya mirip di Hyundai Stargazer X.

Remnya juga responsif dan pakem karena didukung rem cakram di semua roda dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System). Kinerja pengereman pun oke, bahkan ketika diajak mengerem secara halus. 

Rem sangat pakem sehingga tak perlu menginjak pedal sampai pol-polan ketika butuh deselerasi secara smooth agar tidak menyentak. Kinerjanya juga cukup responsif saat kami coba melakukan pengereman agresif. 

Sebagai catatan, setelan rem bawaan pabrik ini masih cukup dalam saat kita menginjak pedal rem, sehingga nantinya bisa minta disetel ulang agar jarak main pedalnya lebih pendek.

Interior Luas dan Nyaman Untuk Lima Orang

Kelebihan lain dari small SUV asal China ini ialah interiornya yang luas untuk lima orang. Ini karena Tiggo 5X memiliki dimensi panjang sekitar 4,3 meter dengan wheelbase sekitar 2,6 meter, sehingga ruang kaki cukup lega untuk baris kedua.

Selain luas, mobil ini dilengkapi fitur yang cukup lengkap dan tergolong mewah.

Sistem multimedia didukung  head unit layar sentuh 10,25 inci dengan konektivitas Bluetooth dan USB. Tak kalah penting, head unitnya terhubung sistem audio berkualitas tinggi.

Kualitasnya sudah kami buktikan sendiri  patut diapresiasi. Sound quality dari speakernya menghasilkan suara yang rich, powerful, dan warm. Kemudian untuk sinyal radio tangkapannya begitu baik sehingga suaranya jernih.

Pihak Chery tidak membocorkan dari brand apa vendor untuk penyedia speaker di Tiggo 5X ini. Secara kualitas, suaranya tak kalah bagus dengan speaker Bose yang digunakan pada mobil-mobil Hyundai.

Kesimpulan

Dengan harga di bawah Rp300 juta, Chery Tiggo 5X bisa jadi alternatif SUV mungil yang fiturnya prestisius. Dengan harga segitu, Tiggo 5X telah dibekali 7 ADAS mencakup ACC, LDW, FCW, AEB, BSD, IHC, RCTA.

Kualitas audio serta teknologi di head unitnya juga cukup baik, sehingga Tiggo 5X punya banyak aspek untuk memenuhi kebutuhan berkendara sehari-hari.

(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang