Esemka Digdaya Tuai Kontroversi

Berita Otomotif

Esemka Digdaya Tuai Kontroversi

JAKARTA - Beredarnya foto-foto Esemka Digdaya menuai pro dan kontra dari masyarakat Indonesia.

Tak lama berselang setelah beredarnya foto-foto tampilan Esemka Digdaya di kota Solo melalui media sosial, masyarakat Indonesia langsung menanggapi kejadian tersebut. Mobil double cabin dengan nomor polisi AD 9130 XO ini langsung menuai banyak kontroversi.

Memiliki desain yang sama dengan mobil China Foday Xiongshi F22, membuat masyarakat semakin yakin bahwa Esemka meniru mobil China tersebut secara keseluruhan. Masyarakat tampak sangat meragukan kualitasnya.

Esemka Digdaya ini diyakini merupakan produk impor dari China yang kemudian diganti nama atau rebranding sehingga desain double cabin ini tidak mengalami ubahan sama sekali. Selain itu produk baru ini diyakini merupakan sebuah upaya pembodohan masyarakat dan dikaitkan dengan politik Indonesia.

Masyarakat Indonesia, seperti komentar-komentar di Facebook Fanpage Mobil123.com, banyak yang tidak yakin bahwa mobil ini diproduksi atau dirakit di Indonesia karena alat-alat yang dimiliki Esemka belum terlihat jelas kualitas dan kelengkapannya. Meski banyak sekali masyarakat yang meragukan bahkan mencibir produk “plagiat” ini, ternyata Digdaya ini juga mendapatkan dukungan dari masyarakat.

Beberapa masyarakat yang mendukung kehadiran mobil ini meyakini. Malah  ada yang berspekulasi ekstrim bahwa Esemka Digdaya telah diproduksi terlebih dahulu di Indonesia dan diekspor ke pasar China dengan menggunakan nama Foday Xiongshi F22. 

Banyak masyarakat yang berharap Digdaya bukanlah produk plagiat melainkan benar-benar diproduksi secara langsung oleh Esemka. Bahkan ada beberapa masyarakat yang berharap agar Indonesia meniru strategi negara tetangga di mana mampu meniru mobil, diproduksi dalam negeri dan mampu menjadi salah satu brand mobil berkualitas. 

Tanggapan Masyarakat Esemka Digdaya

Ditengah pro dan kontra yang terjadi di masyarakat, pihak Esemka belum memberikan penjelasan lebih lanjut.  Padahal sejatinya saat ini merupakan saat yang tepat untuk tampil di publik agar masyarakat lebih mengetahui kualitas dan detail spesifikasi produk-produk Esemka apa lagi mereka sudah menarwakannya secara online. [Amo/Ari]

Baca Juga: Apakah Esemka Digdaya Adalah Double Cabin asal China?



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual