Dramatis, Detik-Detik Pesawat Mendarat Darurat di Jalan Tol

Berita Otomotif

Dramatis, Detik-Detik Pesawat Mendarat Darurat di Jalan Tol

KANSAS - Sebuah pesawat ringan tertangkap kamera melakukan pendaratan darurat di jalan tol yang cukup ramai karena kerusakan mesin, simak video detik-detik kejadiannya.

KCTV, stasiun TV lokal Kansas City, Amerika Serikat, melaporkan kejadi pendaratan darurat pesawat ringan di Interstate 470 ke arah timur di wilayah Lee's Summit, Missouri. Kerusakan mesin yang memaksa pilot melakukan pendaratan darurat di jalan bebas hambatan tersebut dan beruntung tidak ada kecelakaan fatal meski lalu lintas tergolong ramai.

Pesawat Twin Bonanza buatan Beechcraft ini setelahnya diketahui mengalami engine failed pada kedua mesinnya. Pesawat yang tergolong tua ini sempat melayang-layang dan kemudian sang pilot memutuskan untuk mendaratkan pesawatnya di jalan tol.
  
“Dia (pilot) harus membuat keputusan segera. Baginya mendarat di ruas jalan itu adalah pilihan terbaik untuk dapat menghindari tabrakan atau bencana yang tidak diinginkan, ” jelas Andy Bell, seorang Sersan Patroli Jalan Raya yang sedang bertugas.

Pasangan Mary dan Gailand Coop yang kebetulan berada di tempat kejadian sempat merekam detik-detik pesawat tersebut melakukan pendaratan. Dalam rekaman tampak pesawat secara bertahap turun dari ketinggian mendekati jalan tol.

Sang pilot berusaha untuk mencari celah, melihat jarak antar kendaraan yang cukup padat waktu itu. Dan ketika memiliki moment serta sudut yang tepat, sang pilot berhasil mendaratkan pesawat di depan beberapa mobil. Dan beruntung para pengemudi yang sedang melintas jalan tol tersebut berhasil menguasai mobilnya sehingga tidak menyebabkan tabrakan beruntun.

“Saya melihat ke atas dan ada pesawat berwarna kuning cerah, benar-benar sangat dekat. Saya langsung berfikir, astaga pesawat itu terbang terlalu rendah, ” cerita Mary Coop.

Acungan jempol patut dilayangkan kepada sang pilot, karena masih bisa tenang memilih area pendaratan terbaik di masa yang sangat kritis. Pesawat sendiri berhasil mendarat mulus beberapa ratus meter sebelum jembatan layang.

"Pada awalnya, sepertinya dia (pilot) sedang menyelaraskan pesawat dengan batas jalan untuk membuat pendaratan di rumput yang ada di tengah jalan. Saya lantas berpikir, pilot sepertinya sedang mengatur kecepatan agar benar-benar selaras dengan kondisi lalu lintas saat itu. Kemudian setelah celah ditemukan, terjadilah pendaratan yang mulus," tambah Gailand Coop.

Sampai berita ini diturunkan tidak disebutkan identitas sang pilot yang beruntung ini. Pesawat sendiri sedikit mengalami kerusakan karena menabrak rambu jalan raya sementara mobil-mobil terdekat yang mengalami kerusakan atau mengakibatkan cedera.

[Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support