Pesawat Terpaksa Mendarat Darurat di Jalan Tol Karena Masalah Teknis

Berita Otomotif

Pesawat Terpaksa Mendarat Darurat di Jalan Tol Karena Masalah Teknis

JOHOR Baru - Sebuah pesawat ringan terpaksa mendarat darurat di jalan Tol di North-South Kulai, Johor, Malaysia (Minggu, 22/11/2020).

Jenis pesawat sendiri diketahui buatan Beechcraft Model 35 Bonanza yang dioperasikan oleh Premier Air Singapore. Dikemudikan oleh dua penerbang warga negara Singapura yang sedang melakukan perjalanan dari Senai ke Melaka, Malaysia.

Dalam perjalanan diketahui pesawat kecil ini mengalami kerusakan atau mengalami gangguan teknis. Dan menurut Captain Chester VOO, CEO The Civil Aviation Authority of Malaysia (CAAM) atau otoritas penerbangan sipil Malaysia, pilot telah minta izin mendarat di Bandara International Senai, Johor Baru.

Namun sayang, karena kondisi tidak memungkinkan, pilot memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat di jalan tol. Aksi pilot ini boleh dibilang cukup tenang saat melakukan pendaratan dengan selamat tanpa kecelakaan mengingat cukup banyak mobil yang berlalu lalang di jalan. 

Kejadian ini tentu mengejutkan para pengguna jalan. Ada beberapa mobil kemudian sempat mengabadikan dan diberitakan oleh media setempar Harian Metro.

"Pesawat masih berada di jalan tol namun dipindahkan agar tidak menggangu lalu lintas. Pesawat ini tidak jatuh tapi melakukan pendaratan darurat." jelas Tok Beng Yeow, Kepala Kepolisian Distrik Kulai yang juga menambahkan belum ada keterangan resmi soal penyebab hal ini bisa terjadi.

Kabarnya, investigasi saat ini masih dilakukan oleh Biro Investigasi Kecelakaan Udara di bawah Kementerian Transportasi Malaysia.

Beechcraft sendiri merupakan perusahaan pesawat yang bermarkas di Kansas, Amerika Serikat, merupakan produsen pesawat untuk penerbangan umum, komersial dan militer. Biasa membuat pesawat ringan bermesin tunggal juga ganda, jet bisnis hingga untuk kebutuhan latih militer.

Sementara Bonanza sendiri merupakan model pesawat ringan legendaris yang dibuat dari 1947 hingga sekarang. Sudah lebih dari 17 ribu unit Bonanza yang pernah diproduksi dalam beragam varian dan tahun serta sudah melayani sangat banyak penerbangan di seluruh dunia.

Menariknya sekitar 6 bulan lalu pesawat jenis yang sama juga terpaksa mendarat darurat di jalan tol. Dan juga tidak mengakibatkan kecelakaan, pilot bisa dengan baik mengendalikan pesawat, mendarat saat jalan tol dalam kondisi cukup ramai. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar