Harga Mobil Listrik Bekas Jauh Lebih Anjlok

Berita Otomotif

Harga Mobil Listrik Bekas Jauh Lebih Anjlok

DUBLIN - Mobil listrik mungkin memang mobil masa depan dan ramah lingkungan tapi sayangnya tidak sayang pada uang.

Sebuah penelitian yang dilakukan salah DoneDeal, satu media di Irlandia memperlihatkan bajwa depresiasi pada mobil listrik terbilang cukup besar. Bahkan dalam tiga tahun saja, depresiasi pada mobil listrik bisa mencapai 41 persen atau dua kali lipat dubandungkan depresiasi mobil bensin konvensional dan hampir sama dengan depresiasi kendaraan diesel.

Sementara untuk mobil hybrid, penurunannya terbilang lebih kecil karena hanya mengalami depresiasi sebesar 26 persen dalam 3 tahun pertama.

Ada beragam alasan mengapa mobil listrik mengalami depresiasi lebih cepat dibanding mobil konvensional. Salah satunya adalah karena perkembangan teknologi yang terbilang sangat cepat. Akibatnya, mobil listrik yang lama akan terlihat tidak menarik dibandingkan mobil listrik baru.

Selain itu, adanya pandangan perfoma baterai yang sudah berkurang setidaknya 30 persen dari sebelumnya. Berbeda dengan kendaraan konvensional yang dinilai memiliki perfoma hampir sama meski sudah digunakan orang lain. Pelanggan mobil bekas berteknologi konvensional biasanya hanya cukup melakuka perawatan kecil untuk meningkatkan perfoma kendaraannya seperti semula.

“Mobil listrik tiga tahun lalu memiliki kapasitas daya yang lebih kecil dibandingkan sekarang. Mobil-mobil tersebut tentu akan kalah pamor harus bersaing dengan kendaraan listrik berteknologi baru sehingga wajar bila orang enggan membeli membeli mobil listrik bekas,” ungkap ," John Hayes, salah satu peneliti dari University College Cork. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support