DFSK Super Cab Pakai Mesin Diesel Fiat

Berita Otomotif

DFSK Super Cab Pakai Mesin Diesel Fiat

JAKARTA – Dongfeng Sokon (DFSK) Super Cab memanggul mesin dari Fiat untuk varian diesel. Keiritan mobil pikap kecil ini diklaim mencapai lebih dari 16 km/liter.

DFSK masuk Indonesia dengan membangun pabrik di Serang, Banten pada 2015 – 2017. Pabrik berkapasitas 50 ribu unit per tahun ini kemudian merakit dan mendistribusikan Super Cab sejak semester kedua 2017. DFSK juga mempunyai satu model kendaraan penumpang rakitan Serang yaitu sport utility vehicle (SUV) Glory 580 yang diperkenalkan pada April 2018.

Franz Wang, Managing Director PT. Sokonindo Automobile, menjelaskan bahwa alasan mereka menghadirkan Super Cab karena pasar low pick up adalah salah satu yang terbesar di Indonesia selain MPV, SUV, LCGC. Mobil pikap kecil pasti dimiliki oleh para pengusaha kecil dan menengah di berbagai sektor, juga mereka yang bergerak di bidang agrikultur.

“DFSK juga punya banyak small CV di pasar China. Tapi kami sadar kebutuhan pasar Indonesia sedikit berbeda dengan di China. Jadi kami putuskan untuk melakukan riset dan pengembangan satu model spesial untuk Indonesia. Begitulah asal muasal Super Cab,” ucap Franz dalam sesi wawancara khusus pada Kamis (29/11/2018) di Jakarta.

Franz menerangkan Super Cab dipasarkan dengan dua varian mesin, 1.5-liter bensin dan 1.3-liter diesel. Varian lebih tinggi adalah yang diesel.

“Kami menggunakan teknologi mesin diesel Fiat. Kami sudah mendapatkan lisensi dari Fiat Italia untuk memproduksi mesin ini. Kelebihan mesin ini adalah konsumsi bahan bakar sangat baik. Menurut BTMP (Balai Termodinamika, Motor, dan Propulsi) konsumsinya 16,2 km/liter,” akunya.

Kapasitas Kargo dan Harga Suku Cadang
Super Cab memiliki beberapa hal lain yang diharap dapat menarik pasar. Kendaraan ini, menurut Franz, punya bodi lebih lebar dan kabin lega yang mampu memuat tiga penumpang berpostur cukup besar di kursi depan. Posisi tuas transmisi berada di dasbor.

Kargo Super Cab, yang berkapasitas 1.268 kg untuk varian bensin dan 1.399 kg bagi varian diesel, diklaim sangat kuat. DFSK menggunakan metal lebih lebar serta sasis lebih besar untuknya.

“Bahkan baja yang kami gunakan di mobil berkualitas sangat tinggi. Para kompetitor kami punya lima per daun (leaf spring) di belakang, kami menggunakan enam. Semua itu untuk memperkuat kapasitas pengangkutan model ini,” tandasnya.

Produksinya dilakukan di pabrik berstandar ‘industri 4.0’ yang canggih. Proses pengelasan dilakukan dengan sangat rata dan sangat konsisten.

Harga suku cadangnya diklaim lebih murah 10 persen dibandingkan para kompetitor. Garansinya pun lebih panjang 20 persen yaitu hingga 120 ribu km.

“Saat ini masih belum cukup banyak orang yang tahu soal Super Cab dan kelebihannya. Cara kami antara lain adalah melakukan road show untuk dekati konsumen demi membuat mereka tahu lebih banyak. Tahun depan kami akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mempopulerkannya,” ujar Franz mengenai tantangan yang dihadapi.

DFSK hingga November telah mempunyai 49 jaringan penjualan dan purnajual di seluruh Indonesia, dari target 50 dealer. Penjualan Super Cab pada 10 bulan pertama 2018 mencapai 494 unit (wholesales),naik 626,47 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Varian mesin bensin berkontribusi 91,7 persen.

“varian mesin bensin digunakan di dalam kota, jarak pendek. Varian diesel digunakan untuk perjalanan antar kota,” tutup Franz. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support