DFSK Berencana Rakit Mobil Listrik di Indonesia, Kapasitas 1.000 Unit per Tahun!

Berita Otomotif

DFSK Berencana Rakit Mobil Listrik di Indonesia, Kapasitas 1.000 Unit per Tahun!

JAKARTA – DFSK disebut punya rencana memproduksi hingga ribuan unit mobil listrik di Indonesia.

Menurut Kementerian Perindustrian, DFSK sudah memikirkan perakitan lokal mobil listrik di pabrik Cikande, Serang, Banten. Kapasitas yang diproyeksikan mencapai 1.000 unit per tahun.

Strategi tersebut pun mendapatkan apresiasi dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Kami mendukung penuh pembangunan ekosistem kendaraan listrik dari hulu sampai hilir untuk menjadikan Indonesia sebagai pemimpin dalam produksi kendaraan listrik yang berdaya saing global,” pungkas dia melalui keterangan resmi beberapa waktu lalu.

Para delegasi pemerintah Indonesia sendiri melakukan lawatan ke Asia Timur pada Juni dan Juli 2022. Adapun negara-negara yang dikunjungi ialah Jepang, Korea Selatan, serta China.

Dari sana, pemerintah mendapatkan ‘hadiah’ komitmen investasi dari berbagai korporasi.

Pabrik DFSK di Cikande sendiri diresmikan sejak November 2017 dan telah ‘dipersenjatai’ teknologi ‘Industry 4.0’ yang menggunakan perangkat robotik.

Pabrik itu merakit hampir seluruh model yang dijual oleh merek mobil asal China tersebut di Indonesia yakni DFSK Glory 560, DFSK Glory i-Auto, maupun DFSK Super Cab.

Hanya satu model yang masih diimpor utuh (Completely Built Up/CBU) dari ‘Negeri Tirai Bambu’ yakni mobil listrik murni DFSK Gelora E. Hingga sekarang, Gelora E masih menjadi satu-satunya kendaraan niaga listrik di pasar otomotif Tanah Air.

Dalam Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 pada 22-31 Juli di JIExpo Kemayoran, mereka memperkenalkan lagi mobil listrik DFSK Mini EV sebagai kendaraan eksebisi.

Meski demikian, Marketing Head PT. Sokonindo Automobile Achmad Rofiqi mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan riset untuk mengetahui potensi mobil listrik mungil itu di pasar Tanah Air.

Di sela-sela PEVS 2022, Rofiqi menegaskan pula kesiapan pabrik DFSK untuk memproduksi lokal mobil listrik.

"Kami memastikan bahwa pabrik ini siap untuk memproduksi berbagai model dan jenis kendaraan listrik untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun ekspor. Semua yang sudah dilakukan DFSK, termasuk kehadiran di PEVS 2022, menjadi bentuk komitmen kami dalam mengembangkan industri otomotif Indonesia lebih baik dan besar lagi di masa mendatang," tutup Rofiqi. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang