Toyota Avanza Terbaru Jadi MPV Rasa SUV Seperti Xpander?

Berita Otomotif

Toyota Avanza Terbaru Jadi MPV Rasa SUV Seperti Xpander?

JAKARTA – Gambar desain yang diduga merupakan All-New Toyota Avanza generasi terbaru muncul di internet. Di gambar itu, tampilan Avanza terbaru berubah, desainnya tampak mengadopsi saudara-saudaranya seperti C-HR dan Fortuner.

Avanza generasi terbaru memang sudah ditunggu-tunggu. Pasalnya, pesaing-pesaing di segmennya yaitu low multi purpose vehicle (LMPV) sudah bertambah dua yakni Mitsubishi Xpander serta Wuling Confero. Kompetitor lama yaitu Honda Mobilio plus Suzuki Ertiga pun sudah merilis generasi terbaru.

Tak hanya itu, takhta Avanza sebagai mobil terlaris di Indonesia juga sudah direbut oleh Xpander. Isunya, Avanza termutakhir meluncur tahun depan tapi Toyota masih belum bersedia mengonfirmasinya.

Pabrikan asal Jepang ini hanya menjelaskan bahwa Avanza paling anyar dikembangkan oleh perusahaan virtual Toyota –Daihatsu yang memang bertugas untuk mengembangkan mobil-mobil bagi pasar negara berkembang. Informasi lain yang sudah dipastikan Toyota adalah All-New Avanza akan tetap menggunakan sistem penggerak roda belakang.

Lebih lanjut, ada dua poin besar yang dapat disimpulkan dari gambar. Pertama, desainnya makin mirip sebuah sport utility vehicle (SUV) lansiran Toyota seperti Fortuner atau Rush.

Apakah ini berarti membuat mobil sejuta umat ini bakal bertransformasi menjadi sebuah gabungan antara MPV dan SUV seperti Mitsubishi Xpander? Jika ini benar-benar terwujud, persaingan dikelas low MPV dan low SUV bakal makin panas.

Kedua, fascia depan All-New Avanza ini mirip dengan C-HR. Hal tersebut tampak antara lain dari desain grille maupun bemper depannya.

Pelek rodanya berukuran lebih besar, mungkin sekitar 18 inchi. All-New Avanza di dalam gambar mempunyai garis-garis karakter makin kuat pada keempat fender roda plus sisi samping bodi.

Lampu depan maupun Day-Time Running Light sudah berteknologi LED. Bagian belakang diperkaya oleh roof spoiler.

Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM), belum merespons Mobil123.com hingga berita ini dikirimkan. Namun, patut diketahui bahwa desain-desain yang diduga All-New Avanza bukan satu ini saja di internet, melainkan masih ada lagi beberapa lainnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar