Datsun Cross Punya Sistem Hiburan Asyik Bagi Generasi Milenial

Berita Otomotif

Datsun Cross Punya Sistem Hiburan Asyik Bagi Generasi Milenial

JAKARTA – Datsun Cross dilengkapi dengan sistem hiburan yang memfasilitasi kebiasaan serta kebutuhan generasi milenial Indonesia dalam keseharian mereka. Teknologi-teknologi miliknya memberikan rasa aman lebih, asa berkendara mengesankan, hingga efisiensi bahan bakar.

Generasi milenial adalah mereka yang lahir pada 1980-an hingga awal 2000-an dan sangat melek terhadap perkembangan teknologi informasi serta teknologi digital. Salah satu ciri mereka adalah ‘ketergantungan’ mereka terhadap smartphone atau ponsel pintar dalam aktivitas sehari-sehari.

Datsun, dengan target konsumen generasi muda pun mencoba untuk semakin memfasilitasi kebutuhan tersebut pada model ketiga mereka di Indonesia yaitu Cross. Crossover yang menjalani debut global di Indonesia pada 18  Januari 2018 tersebut memiliki fitur Head Unit Touch Screen 7 inchi sebagai standar di tipe transmisi manual serta transmisi otomatis XTRONIC CVT (Continuous Variable Transmission).

Di samping dapat memutar musik dari radio AM/FM, USB, serta AUX, Head Unit ini juga dapat dikoneksikan dengan smartphone untuk memutar audio yang tersimpan di dalamnya. Bahkan, video-video bisa pula diputar.

Head Unit Cross pun antara lain dapat menampilkan navigasi dengan terlebih dahulu menghubungkannya dengan aplikasi Sygic yang dapat diunduh di Google Play Store atau Apple Store. Tak hanya itu saja, perbincangan via telepon dengan teman maupun keluarga bisa dilakukan via Head Unit.

Bukan cuma itu modal Cross untuk merayu kaum milenial. Fitur-fitur keselamatan yang disediakan oleh mobil berharga Rp 161,49 juta dan Rp 173,99 juta bagi masing-masing tipenya tak kalah dari mobil-mobil Rp 200 jutaan atau lebih.

Cross transmisi manual dan otomatis XTRONIC CVT (Continuous Variable Transmission) dilengkapi dengan fitur keselamatan berkedara aktif yang terdepan di kelasnya. Mulai dari Vehicle Dynamic Control (VDC) sebagai kontrol stabilitas yang berfungsi mencegah mobil kehilangan kendali saat bermanuver mendadak atau saat kondisi jalanan licin, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Traction Control, Brake Limited Slip Differential serta Auto On/Off Headlamp.

Sedangkan untuk fitur keselamatan berkendara pasif, ada Dual-SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang, sabuk pengaman untuk pengemudi dan seluruh penumpang, sensor parkir, Central Locking System, Immobilizer serta Keyless Alarm with Shock Sensor.

Sedikit penjelasan mengenai Vehicle Dynamic Control (VDC), ini merupakan fitur keselamatan berkendara aktif yang lazimnya ditemui di mobil-mobil dengan harga lebih dari Rp 200 juta. Dan telah menjadi fitur standar yang diwajibkan di negara-negara maju di Eropa, Asia, Australia dan Amerika. 

VDC  merupakan kontrol stabiliitas yang bekerja mengandalkan empat sensor bagi masing-masing roda yang akan memberikan masukan bagi ABS, EBD, Traction Control, serta Brake Limited Slip Differential untuk melakukan pengereman berbeda di keempat roda. Serta mengendalikan torsi mesin pada roda depan saat VDC mendeteksi bahwa mobil akan kehilangan kendali, guna mencegah mobil menjadi “nyelonong” (understeer) maupun “melintir” (oversteer). Bisa dikatakan, Cross merupakan satu-satunya mobil dengan harga di bawah 180 juta Rupiah yang dilengkapi dengan fitur kontrol stabilitas semacam ini.

Tak ketinggalan, XTRONIC CVT pada Cross merupakan transmisi generasi terbaru yang tak hanya membuat akselerasi terasa halus tanpa jeda, tapi juga mendukung efisiensi bahan bakar serta  responsif pada setiap putaran mesin dan kecepatan.

Transmisi XTRONIC CVT juga tidak perlu diragukan lagi performa dan ketahanannya. Ini karena telah sejak lama digunakan oleh Nissan untuk beragam produknya dari kelas menengah (Grand Livina, Juke) maupun kelas atas (Serena, X-Trail, Teana, Elgrand) sejak tahun 2000-an. ###



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar