Daihatsu Xenia Sudah Pindah dari RWD ke FWD, Daihatsu Terios Menyusul?

Berita Otomotif

Daihatsu Xenia Sudah Pindah dari RWD ke FWD, Daihatsu Terios Menyusul?

BAUBAU – Generasi terbaru Daihatsu Xenia berganti sistem penggerak dari belakang ke depan. Apakah generasi anyar Daihatsu Terios nantinya juga demikian?

Seperti diketahui, Xenia generasi pertama (2003-2011) dan kedua (2011-2021) dilengkapi sistem penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive/RWD).

Namun, generasi ketiga model ini yang meluncur pada November 2021 mengusung sistem penggerak roda depan (Front Wheel Drive/FWD).

Di sisi lain, Terios generasi pertama (2006-2017) serta kedua (2017-sekarang) masih setia dengan RWD.

Berbekal modal itu serta ground clearance 220 mm, low sport utility vehicle (LSUV) tersebut ingin dikenal sebagai mobil yang bisa dibawa ke medan menantang lewat tagline ‘Sahabat Petualang’.

“Produk ini, waktu kami coba di jalan-jalan yang memang menantang, butuh ground clearance tinggi, dan berbukit, sampai sekarang masih bisa ditanggulangi tanpa ada permasalahan,” kata Domestic Marketing Division Head PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Rudy Ardiman menjawab pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Daihatsu Terios 7 Wonders ke Baubau, Sulawesi Tenggara, Selasa (20/9/2022).

Generasi kedua Terios sendiri sudah bertahan lima tahun tanpa ubahan desain. Sempat ada penyegaran model pada September 2021, tapi diferensiasinya hanya dua fitur yaitu Idle Stop dan Vehicle Stability Control.

Lantas, kapan Terios generasi baru hadir?

“Mengenai perubahan produk, rasanya, sih, kami masih dalam tahap pengembangan. Kami terus melakukan kajian,” klaim Rudy.

Ia pun mengaku belum bisa mengatakan apakah Terios kelak mengikuti jejak Xenia yang berganti dari RWD ke FWD. Namun, pemosisian sebagai SUV yang bisa diajak bertualang kemungkinan bakal terus dipertahankan.

“Rasanya akan kami pertahankan. Kalau tagline itu (Sahabat Petualang) rasanya akan dibawa terus. Tidak akan berubah, mau itu (penggerak rodanya) pindah dari belakang ke depan atau segala macam,” lontar Rudy.

Ketika ditemui di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Marketing Product Planning Division Head ADM Anjar Rosjadi tak menutup kemungkinan Terios mengikuti jejak Xenia.

Pasalnya, kedua model sama-sama ada di segmen B (B-Segment) dan platform DNGA-B yang digunakan All New Xenia ditujukan bagi segmen tersebut.

Terios hanya diproduksi di Indonesia, di pabrik ADM, bersama-sama dengan ‘kakaknya’ Toyota Rush. Dua model tersebut merupakan hasil kolaborasi Toyota-Daihatsu di Indonesia.

Adapun hasil kolaborasi Toyota-Daihatsu lainnya ialah Avanza-Xenia, Agya-Ayla, Calya-Sigra, Raize-Rocky. Tiga pasang model yang disebut paling belakang dari awal kemunculan sudah mengusung FWD, alih-alih RWD. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang