Singgung Terios Terbaru, Daihatsu Yakin RWD atau FWD Tak akan Jadi Masalah

Berita Otomotif

Singgung Terios Terbaru, Daihatsu Yakin RWD atau FWD Tak akan Jadi Masalah

BAUBAU – Model baru Daihatsu Terios nanti, jika pun berganti sistem penggerak roda dari belakang ke depan, diyakini tidak akan menimbulkan masalah pada performa.

Terios, sejak meluncur pada akhir 2006 hingga detik ini masih setia dengan sistem penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD).

Namun, nasib RWD pada Terios menjadi pertanyaan besar.

Pasalnya, Daihatsu Xenia yang 18 tahun menjadi mobil RWD saja akhirnya berganti menjadi penggerak roda depan (front wheel drive/FWD) ketika generasi barunya muncul pada November 2021.

Marketing and Customer Relations PT Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso tidak menjawab secara lugas pertanyaan besar itu.

Akan tetapi, dengan teknologi otomotif yang makin modern, ia percaya performa Terios, seandainya pun menjadi FWD, tidak bakal terganggu.

“Sebenarnya, mau itu penggerak roda depan atau penggerak roda belakang, sudah tidak menjadi isu lagi,” buka Hendrayadi merespons Mobil123.com di sela-sela Daihatsu Terios 7 Wonders Baubau, Sulawesi Tenggara, 20-23 September 2022 kemarin.

“Sistem penggerak roda depan yang sekarang pun, dengan teknologi yang maju, telah membantah keragu-raguan,” lanjutnya.

Kemampuan menanjak mobil-mobil FWD kekinian, menurut dia, tidak kalah dengan mobil-mobil RWD.

Ia mengeklaim hal tersebut sudah dibuktikan oleh Xenia generasi termutakhir yang resmi mengaspal sejak November 2021.

“Bayangkan, MPV (multi purpose vehicle) 7-seater yang dulu mengagungkan penggerak roda belakang, tiba-tiba dengan beraninya pindah ke roda depan dan ternyata kalau dilihat dari sisi penjualannya tidak ada masalah. Artinya, kan, bisa diterima oleh pasar,” akunya.

Di sisi lain, satu keunggulan FWD dibandingkan RWD hingga sekarang adalah efisiensi konsumsi BBM yang lebih baik.

Hendrayadi melihat satu aspek ini kian hari kian penting.

“Penggerak roda depan juga lebih efisien daripada penggerak roda belakang. Nah, larinya, kan, ke efisiensi. Itu menjadi suatu tuntutan,” tegasnya.

Terios yang dipasarkan Daihatsu sekarang adalah generasi kedua. Modelnya telah meluncur pada akhir 2017, dengan penjualan mulai awal 2018.

Sejak itu hingga sekarang, Terios hanya sekali mendapatkan penyegaran model yang bersifat minor yakni pada September 2021.

Ada penambahan fitur Idle Stop plus Vehicle Stability Control, sedangkan desain dibiarkan tetap sama.

Para kompetitor Terios sendiri sudah banyak membenahi model serta fitur. Honda BR-V berubah total sejak semester dua 2021, sedangkan Mitsubishi Xpander Cross menghadirkan versi facelift pada Agustus 2022. [Xan/Dms]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar