Daihatsu Xenia Baru Belum akan Diluncurkan pada 2018

Berita Otomotif

Daihatsu Xenia Baru Belum akan Diluncurkan pada 2018

ALAM SUTERA – Daihatsu Xenia model terbaru belum akan diluncurkan oleh  PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tahun ini meski persaingan di kelas low MPV makin ketat dengan kemunculan Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero.

Pasar low MPV memang sedang panas-panasnya karena belakangan Mitsubishi Xpander berhasil menyalip Toyota Avanza sebagai yang terlaris di kelas ini. Apalagi ditambah Wulung Confero yang  terus menggoda konsumen lewat jurus harga murah plus fitur lebih banyak.

Namun demikian, Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra menegaskan pihaknya belum akan merespons kondisi tersebut dengan merilis Xenia anyar pada 2018. Ini karena menurutnya belum jadwalnya untuk menyegarkan produk tersebut.

“Kami saat ini belum melakukan sesuatu pada Xenia untuk melawan Xpander, tidak ada. Kami hanya mengeluarkan All-New Terios saja. Model itu kan punya segmen harga mirip, biasanya dari sisi itu kami menganggapnya sebagai counter dari kami untuk Xpander,” jelasnya pada Kamis (15/3/2018) di Alam Sutera, Tangerang, di sela-sela Media Test Drive All-New Daihatsu Sirion.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa ‘kembaran’ Xenia yaitu Avanza juga tak akan punya model baru  tahun ini. Seperti diketahui, keduanya memang dikembangkan bersama-sama dan diproduksi oleh pabrik ADM di Indonesia.

Amelia mengakui kekhawatiran dalam melihat kompetisi yang makin keras saat ini memang ada dan itu wajar.

“Yang bisa kami lakukan adalah keluarkan Terios dan kami maksimalkan itu,” tandasnya.

Berdasarkan data penjualan retail milik Daihatsu, transaksi jual-beli LMPV pada Januari-Februari 2018 mencapai 44.040 unit, naik 21 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Jumlah tersebut dikontribusikan oleh Avanza (13.108 unit, turun 27 persen), Xenia (5.733 unit, turun 3 persen), Nissan Grand Livina (680 unit, turun 44 persen), Suzuki Ertiga (5.371 unit, naik 16 persen), Honda Mobilio (3.729 unit, naik 15 persen), Sienta (1.501 unit, turun 58 persen), Xpander (12.220 unit), Confero (1.698 unit). Beberapa model LMPV lain seperti Daihatsu Luxio, Suzuki APV, dan Nissan Evalia tidak dimasukkan dalam daftar Daihatsu. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support