Daihatsu Rocky Hybrid Segera Hadir di Jepang, akankah Masuk Indonesia?

Berita Otomotif

Daihatsu Rocky Hybrid Segera Hadir di Jepang, akankah Masuk Indonesia?

TOKYO – Informasi Daihatsu Rocky hybrid di Jepang sudah tersebar sebelum model itu resmi meluncur.

Diler Daihatsu di ‘Negeri Sakura, seperti dikutip dari Creative Trend, menyebut rencana peluncuran Rocky hybrid pada 1 November 2021. Pada saat bersamaan, Daihatsu juga akan memperkenalkan versi penyegaran minor dari SUV kompak yang menjalani debut global pada 2019 tersebut.

Bakal bernama Rocky e:smart, Rocky hybrid nantinya menjadi varian baru yang melengkapi dua varian mesin terdahulu—1.0 liter turbo serta 1.2 liter NA.

Soal harga, Rocky dengan sistem dapur pacu lebih ramah lingkungan ini kelak dijual mulai 2.116.000 yen sampai 2.350.000 yen (sekitar Rp272,26 juta hingga Rp302,37 juta, 1 yen = Rp123,67).

Daihatsu Rocky hybrid, Daihatsu Rocky e:smart

Rocky hybrid akan mengombinasikan baterai serta motor listrik dengan variasi dari mesin 1.2-liter, 3 silinder NA berkode WA-VE. Mesin tersebut nantinya menyandang kode WA-VEX, dengan efisiensi termal mencapai 40 persen.

Belum ada penjelasan lebih rinci mengenai kemampuan mesin hybrid itu. Begitu pula soal spesifikasi baterai dan motor listriknya.

Kendati begitu, ada petunjuk kalau ‘Rocky e:smart hybrid berjalan 100 persen menggunakan motor penggerak dan mendemonstrasikan tenaganya dengan seketika, setelah pedal gas diinjak’.

SUV yang menjadi ‘saudara’ Toyota Raize ini juga disebut bakal mendapatkan teknologi One-Pedal (satu pedal untuk akselerasi dan deselerasi—Red) lewat S-PDL Smart Pedal System. Teknologi ini identik dengan e-Pedal milik Nissan.

One-Pedal di Rocky hybrid bisa digunakan dalam mode berkendara Normal atau Eco. Bisa pula dimatikan, jika pengemudi menghendaki.

Daihatsu Rocky hybrid, Daihatsu Rocky e:smart

Sebagai varian termahal, kabin Rocky e:smart bakal lebih kedap berkat instalasi insulasi suara tambahan di enam area kunci kendaraan. Di antaranya adalah di atap, lantai, di balik kap mesin, dan di area firewall..

Belum ada informasi dari agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia mengenai apakah varian ini juga akan hadir di Indonesia.

Untuk diketahui, Rocky bermesin konvensional sudah dijual di Indonesia sejak April 2021. Tipe mesin 1.0-liter turbo muncul terlebih dahulu, disusul beberapa bulan kemudian oleh yang 1.2-liter.

Mari kita nantikan, apakah Rocky hybrid kelak dijual pula di Indonesia. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar