Daihatsu Rocky Hybrid Dijual di Malaysia! Selanjutnya Indonesia?

Berita Otomotif

Daihatsu Rocky Hybrid Dijual di Malaysia! Selanjutnya Indonesia?

KUALA LUMPUR – Daihatsu Rocky hybrid resmi mengaspal di Malaysia. Bagaimana komentar Daihatsu Indonesia terkait potensinya meluncur di Tanah Air?

Model tersebut, menurut situs Paultan baru-baru ini, bernama Perodua Ativa hybrid untuk pasar ‘Negeri Jiran’. Unitnya masih diimpor utuh (Completely Built Up/CBU) dari Jepang dan diganti logo.

Rocky hybrid sendiri sempat menjadi mobil eksebisi dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 pada Agustus mendatang. Tapi, malah negara 'tetangga' yaitu Malaysia yang lebih dulu memasarkannya.

Di sana, Rocky hybrid alias Ativa hybrid tidak dijual dengan cara konvensional. Para konsumen perlu mengikuti subscription programme alias program berlangganan/sewa kendaraan.

Menurut eksekutif Perodua—Daihatsu versi Malaysia—langkah ini diambil sebagai salah satu proses studi mobil listrik. Mereka pun sekaligus melakukan riset jangka panjang terkait layanan mobilitas.

“Perodua Ativa hybrid merupakan kendaraan terbaik bagi kami untuk mendapatkan masukan-masukan unik mengenai perilaku masyarakat Malaysia sebagai grup yang terkontrol. Data ini nantinya digunakan untuk mengantisipasi kebutuhan para konsumen kami ketika menggunakan kendaraan listrik,” ucap President and CEO Perodua Datuk Seri Zainal Abidin Ahmad.

Di Malaysia, konsumen perlu membayar uang muka sewa Rocky hybrid sebesar 2.150 ringgit Malaysia (Rp7,06 juta, 1 ringgit = Rp3.286,88). Itu sudah termasuk uang sewa bulan pertama, tarif perpajakan bulan pertama, ditambah deposit tiga bulan yang bisa dikembalikan.

Adapun biaya sewa bulanan Rocky hybrid mencapai 500 ringgit Malaysia (Rp1,64 juta) dengan komitmen selama lima tahun. Biaya sudah termasuk perawatan berkala, asuransi, maupun perpajakan.

Rocky hybrid pertama kali meluncur di Jepang pada November 2021. Sport utility vehicle (SUV) itu mengusung teknologi e-Smart Hybrid yang menggabungkan antara mesin bensin 1.2-liter WA-VEX Atkinson-Cycle, tiga silinder, naturally aspirated dengan baterai plus motor listrik.

Mesin konvensionalnya berdaya 82 ps, dengan torsi 105 Nm. Adapun motor listriknya bertenaga 106 ps, dengan torsi 170 Nm.

Mesin pada Rocky hybrid bertindak sebagai generator alias penyedia tenaga bagi baterai.

Domestic Marketing Division Head PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Rudy Ardiman sempat Mobil123.com tanyakan mengenai kemungkinan meluncurkan Rocky hybrid di Indonesia. Ia mengklaim belum ada rencana terkait itu.

“Belum. Setahu saya belum ada. Jadi, itu (memamerkan Rocky hybrid di GIIAS 2022) untuk memperlihatkan kapabilitas kami buat satu teknologi hybrid sudah bisa,” aku Rudy di sela-sela Daihatsu Terios 7 Wonders Baubau, Sulawesi Tenggara, 20-23 September 2022. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar