Daihatsu Riset Terus Mobil Apa Lagi yang Cocok untuk Pembeli Pertama

Berita Otomotif

Daihatsu Riset Terus Mobil Apa Lagi yang Cocok untuk Pembeli Pertama

YOGYAKARTA – Daihatsu tidak berhenti melakukan riset terkait kemungkinan menghadirkan mobil baru di segmen baru untuk para pembeli pertama.

Research and Development and Product Planning Division Head PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan bahwa pihaknya secara berkala melakukan studi mengenai kebutuhan mobil dari target konsumen mereka yaitu pembeli pertama (first car buyer).

Ini dilakukan antara lain untuk mencari tahu peluang masuk ke segmen-segmen anyar.

“Secara reguler pastinya Daihatsu melakukan survei dan komunikasi ke pelanggan terkait kebutuhan sama mobil kayak gimana, sih, yang cocok untuk Daihatsu di entry-segment. Itu kami masih studi, sih, ke depannya,” ujar dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Media Test Drive All New Daihatsu Ayla, 9-11 Mei 2023 kemarin di Yogyakarta.

Daihatsu Ayla 2023

Daihatsu hingga detik ini telah memasarkan sembilan model di Indonesia. Ada kendaraan niaga ringan dan kendaraan penumpang yang menyasar para pembeli mobil pertama.

Daftar mobil Daihatsu ialah Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Daihatsu Rocky, Daihatsu Terios, Daihatsu Xenia, Daihatsu Sirion, Daihatsu Luxio, Daihatsu Gran Max pikap, Daihatsu Gran Max minibus.

Anjar mengaku riset berkala mengenai kebutuhan konsumen tidak mengacu ke satu segmen atau model tertentu.

“Kami umum saja. Tidak secara spesifik model apa, tipe apa,” tandas dia.

Satu segmen yang belum dirambah oleh Daihatsu sendiri saat ini adalah sport utility vehicle (SUV) di segmen low cost green car (LCGC).

Sejauh ini, Daihatsu punya dua model LCGC berbentuk hatchback serta multi purpose vehicle (MPV). Model-model yang dimaksud adalah Ayla dan Sigra.

Daihatsu Sigra

Anjar mengklaim hingga kini riset Daihatsu menunjukkan para konsumen LCGC masih puas dengan dua jenis mobil tersebut. Belum ada kebutuhan untuk sebuah SUV di segmen dengan insentif pajak serta pembatasan harga dari pemerintah itu.

Kendati begitu, ia tidak menutup kemungkinan menghadirkannya jika hasil riset suatu waktu berubah.

“Tapi, pada saat ini yang kebanyakan konsumen LCGC inginkan adalah hatchback atau MPV,” lontar Anjar.

“Sejauh ini dengan LCGC hatchback dan MPV sudah bisa menutupi semua kebutuhan dan itu juga cocok sama masyarakat Indonesia ini,” tutup dia. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang