Daihatsu Gran Max Minibus, Multifungsi adalah Kunci

Panduan Pembeli

Daihatsu Gran Max Minibus, Multifungsi adalah Kunci

 

JAKARTA - Daihatsu Gran Max minibus menjadi pilihan banyak pengusaha, multifungsi alias dapat digunakan dalam beragam aktivitas baik keluarga maupun usaha adalah kunci suksesnya.

Minibus merupakan salah satu model yang paling disenangi oleh masyarakat Indonesia dari era 1970an hingga kini. Berbagai pabrikan mencoba bertarung pada kelas kendaraan yang memiliki irisan antara kendaraan niaga dengan penumpang. 

Daihatsu yang cukup konsisten dalam mengeluarkan produk terbaiknya di kelas minibus. Dan sejak 2008, pabrikan asal Jepang ini mengandalkan Daihatsu Gran Max minibus untuk bermain pada segmen tersebut dan hingga saat ini menjadi salah satu tulang punggung penjualan mereka di Indonesia. 

Daihatsu Gran Max minibus sendiri punya desain yang tergolong sederhana. Tampilan ekteriornya terlihat biasa-biasa saja, bonnet pendek dengan mesin penempatan mesin di bagian bawah plus tarikan garis kotak yang menonjol.  

Terdapat pintu geser atau sliding door yang membuat akses ke luar maupun masuk kendaraan lebih mudah serta efisien. Gran Max minibus ditawarkan dengan pilhan warna Classic Silver, Sonic Blue Metallic dan Midnight Black Metallic.

Gran Max Minibus
Menu utama dari Gran Max minibus terletak dari ruang interior multifungsi yang bisa dimanfaatkan untuk beragama kebutuhan baik sehari-hari bersama keluarga maupun usaha. Terdapat dua pilihan konfigurasi tempat duduk yakni face – face (kursi baris ketiga, penumpang saling berhadapan) dan front facing (penumpang baris ketiga menghadap ke depan). 

Pilihan pertama pada umumnya digunakan untuk kendaraan niaga agar bisa memuat lebih banyak penumpang. Sementara pilihan kedua banyak dimanfaatkan untuk mobil keluarga. Varian jok belakang face- face mampu memuat 9 orang penumpang dengan konfigurasi 2 baris depan, 3 baris tengah dan 4 baris belakang. Sedangkan pilihan jok belakang front facing formasinya 2 baris depan, 3 baris tengah serta 3 baris belakang.

Interior Gran Max minibus juga punya keunggulan lain seperti berikut ini,

  • Molded Head Lining yang membuat kabin terasa lebih kedap terhadap kondisi di luar kendaraan.
  • Modern & Ergonomic Dashboard mendukung kenyamanan dalam kendaraan.
  • Dashboard Transmision Dongle memberikan ruang tambahan pada baris pertama
  • Rectractable Seat pada baris kedua dan tersedianya arm rest tentunya menambah kenyamanan dalam perjalanan
  • Desainnya yang boxy, memungkinkan kendaraan untuk memuat llebih banyak barang maupun penumpang dengan tidak mengorbankan kenyamanan.

Fleksibilitas interior dari Gran Max minibus telah dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan. Bisa digunakan untuk moko (mobil toko), blind van, cargo, pembawa makan berpendingin hingga ambulance.

Daihatsu Gran Max Minibus
Salah satu kekuatan dari Daihatsu Gran Max minibus adalah ketangguhan mesinnya. Mobil ini ditawarkan dengan dua pilihan mesin masing-masing K3-DE berkapasitas 1.3-liter dan 3SZ-VE VVT-i 1.5-liter.

Kedua mesin sudah teruji ketangguhannya dan diandalkan oleh Daihatsu untuk beberapa model mereka yang di jual di Indonesia.

Mesin K3-DE 1.3-liter punya keluaran tenaga 86 hp pada 6.000 rpm serta torsi 114.7 Nm di putaran 4.400 rpm. Sumber tenaga ini sudah terbukti ketangguhannya melalui duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pada produksi 2003-2006.

Sementara mesin 3SZ-VE VVT-i 1.5-liter punya keluaran tenaga 97 hp pada 6.00 rpm dan torsi 134 Nm pada putaran 4.400 rpm. Selain pada Gran Max, mesin ini juga diaplikasikan pada Daihatsu Terios, Luxio, Sirion serta tentunya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Untuk 2 mesin di atas, konsumen dapat menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan. Selain tangguh dan cukup efisien, kedua mesin ini tergolong mudah untuk melakukan perawatan dengan ketersedian sparepart yang tergolong mudah didapat.  

Untuk mengimbangi performa, Gran Max minibus dilengkapi sistem pengereman cakram berventilasi dengan booster pada kedua roda depan. Lalu rem belakang mengandalkan Drum dengan leading dan trailing. Sementara untuk rem parkir masih mengandalkan proses mekanis.

Sementara untuk bagian kaki-kaki, Gran Max mengandalkan suspensi depan Mac Pherson Struts dengan per keong. Sedangkan suspensi belakangnya 5 link, rigid-axle dengan per keong. [Ari/Idr]

Harga Gran Max Minibus (Price list Daihatsu Indonesia)

  • Gran Max Minibus 1.5 D PS FH Rp 187.875 juta
  • Gran Max Minibus 1.3 D FF FH Rp 178.275 juta
  • Gran Max Minibus 1.3 D FH Rp 171.875 juta


Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar