Daihatsu Edukasi Pentingnya Sparepart Asli di GIIAS 2018

Berita Otomotif

Daihatsu Edukasi Pentingnya Sparepart Asli di GIIAS 2018

TANGERANG – PT Astra Daihatsu Motor menunjukkan kepeduliannya terhadap pentingnya sparepart asli pada pengunjung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Hal ini dibuktikan dengan dibukanya sebuah stand yang khusus untuk mengedukasi masyarakat terkait aftersales. Di stand tersebut Daihatsu membandingkan antara sparepart palsu, Daihatsu Value Part dan Daihatsu Genuine Part.

Setidaknya ada lima jenis sparepart yang dibandingkan oleh Daihatsu dalam ajang GIIAS kali ini. Kelima sparepat tersebut adalah kampas rem depan, kampas rem belakang, shock breaker, kopling dan filter oli.

Kelima sparepart tersebut merupakan sparepart yang paling umum dipalsukan dibandingkan dengan sparepart lainnya. Banyak pemalsuan tersebut dikarenakan sparepart tersebut adalah jenis yang paling cepat diganti oleh masyarakat.

Salah satu sparepart yang paling terlihat perbedaannya adalah kampas rem. Kampas rem depan palsu memiliki jarak pengereman terjauh yaitu mencapai 62,3 meter saat mobil bergerak dalam kecepatan 100 km per jam.

Angka tersebut jauh lebih buruk ketimbang kampas rem depan Daihastu Value Part yang hanya membutuhkan jarak sejauh 47,8 meter. Namun Daihastu Genuine Part menjadi sparepart terbaik karena dapat menghentikan kendaraan hanya dengan jarak mencapai 46,7 meter.

Demikian pula filter oli. Perbedaan yang terlihat jelas adalah para kertas penyaring karena luasnya hanya mencapai 538 cm2 dan tingkat keteblan hanya 0,56 mm. Angka tersebuat jauh lebih buruk bila dibandingkan dengan Daihatsu Value Part yang memiliki luas kertas penyaring mencapai638 cm2 dan ketebalan kertas 0,60 mm. Sementara Daihatsu Genuine Parts menjadi yang terbaik karena memiliki kertas penyaring terluas yaitu mencapai 690 cm2 dan ketebalan mencapai 0,75 mm.

“Kami ingin memperlihatkan bahwa sparepart asli memiliki kualitas yang terbaik dan memiliki peran penting bagi keselamatan berkendara serta kesehatan dari mobil itu sendiri,” tutur Sarwono, Service Advisor PT Astra International Tbk – Daihatsu Bekasi Branch di GIIAS 2018. [##]



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar