Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Daihatsu Berbagi 3 Teknik Pengereman yang Baik dan Benar

Panduan Pembeli

Daihatsu Berbagi 3 Teknik Pengereman yang Baik dan Benar

KARAWANG – PT Astra Daihatsu Motor (PT ADM) mengingatkan pentingnya berkendara aman dengan memperhatikan teknik pengereman.

Informasi ini disampaikan oleh PT ADM pada ‘Daihatsu Club Auto Clinic 2018’ dan mengangkat tema “Teknik Pengereman yang tepat”. Dalam acara yang digelar bersama dengan GT Radial ini, PT ADM menjelaskan tiga teknik dasar pengereman baik dengan ABS maupun non ABS.

Teknik pertama adalah teknik Treshold. Dalam teknik ini, pengereman ini dilakukan dengan cara menahan tekanan pedal sekitar 90% (mengambang) atau tidak sampai mengunci,  sehingga ban masih dapat dibelokkan.

Teknik kedua adalah Stab. Teknik ini biasa dilakukan untuk kendaraan yang menggunakan drum brake/tromol. Caranya adalah dengan menekan pedal rem, lepas dan tekan kembali berulang-ulang secara cepat untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Selain dapat mengurangi kecepatan kendaraan, juga dapat mencegah ban mengunci, dalam melakukan teknik ini, perlu latihan dengan pendampingan oleh orang yang ahli di bidangnya.

Teknik ketiga adalah Squeeze. Caranya sebenarnya terbilang mirip dengan teknik pengereman Stab yakni dengan menekan pedal rem, lepas dan tekan kembali berulang-ulang. Bedanya, dalam teknik ini pengemudi menekan pedal rem dengan perlahan.

“Dengan teknik pengereman yang tepat, kita dapat mengendalikan dan menghentikan kendaraan dengan sempurna, lebih aman bagi diri sendiri dan orang lain. Saat ini sudah banyak mobil yang menggunakan ABS, namun untuk melakukan pengereman tanpa ABS diperlukan teknik tepat” jelas ungkap Ben Faqih selaku Executive Coordinator People Development Department – CSVC Division, PT Astra Daihatsu Motor.

‘Daihatsu Club Auto Clinic 2018’ adalah kegiatan kegiatan sharing edukasi kendaraan untuk para klub Daihatsu. Pelaksanaan Daihatsu Club Auto Clinic tahun kedua ini akan diikuti 80 peserta dari berbagai klub seperti Maxxio (Gran Max Luxio Club Indonesia), Calsic (Calya Sigra Club), DAI (Daihatsu Ayla Indonesia) dan ZEC (Daihatsu Zebra Club). [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang