Daftar Sepeda Motor Listrik Roda Tiga, Berapa Harganya?

Berita Otomotif

Daftar Sepeda Motor Listrik Roda Tiga, Berapa Harganya?

Di tengah mulai bermunculan sepeda motor bertenaga listrik berbasis baterai, beberapa model di antaranya ada juga yang beroda tiga.

Model motor roda tiga memang jarang dilirik lantaran pengguna dan fungsinya yang tak seluas roda dua.

Sedikit pembuka terkait kendaraan listrik, pabrikan-pabrikan otomotif kini mulai berlomba memperkenalkan produk-produk elektrifikasinya.

Ada yang masih menunjukkan kendaraan konsep, ada juga yang cukup berani menjualnya, meski bisa dikatakan infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia belum cukup memadai.

Selain jenama-jenama yang sudah mentereng, banyak juga nama-nama merek tidak familiar ikut bersaing di pasar kendaraan listrik.

Beberapa di antaranya bahkan bukan merek yang terkenal akan produk otomotifnya, melainkan produk elektronik atau sepeda.

Kembali ke model sepeda motor roda tiga, ternyata boleh dibilang cukup dikendarai. Tentunya pengendara tidak perlu menurunkan kaki ketika sedang berhenti.

Tidak semua sepeda motor listrik roda tiga ini layak disebut "sepeda motor" karena ada yang tertutup semua sehingga memiliki kabin layaknya mobil.

Ya, kalau dilihat-lihat mirip angkutan umum bemo atau bajaj. 

Kali ini, Mobil123.com memberikan daftar sepeda motor yang sudah menggunakan baterai listrik sebagai penggeraknya.

Sebagian besar produk yang disebutkan di bawah antara produk komersial atau pribadi untuk jarak sangat pendek.

Exotic Sierra

Sepeda motor listrik roda tiga yang pertama dari merek Exotic, yakni Sierra yang kemudian dibanderol dengan harga Rp13,9 juta.

Exotic Sierra mengandalkan baterai kapasitas 48V20Ah untuk memberi daya ke motor 800W sehingga Sierra mampu menempuh jarak maksimal 55 km dan kecepatan tertinggi 30 km per jam.

Beban yang dapat ditanggung sepeda motor listrik ini ketika berkendara mencapai 180 kg. Selain itu, terdapat juga fitur-fitur seperti Alarm Alert, Lock Motor, Find Vehicle, dan Keyless mode.

Melihat daya angkut dan performanya, bisa dibilang Exotic Sierra dibuat sebagai kendaraan jarak sangat pendek.

Selis Bromo

Berikutnya adalah Selis Bromo. Kendaraan listrik roda tiga ini memiliki bentuk menyerupai bajaj.

Baterai yang digunakan pada Selis Bromo berupa lithium 60V100Ah guna menyuplai aliran listrik ke motor dinamo 1000W48V.

Berkat baterai dan motor dinamo tersebut, performanya jauh lebih bagus daripada sebelumnya, dengan jarak tempuh 100 km dan kecepatan maksimum 40 km per jam, cukup oke untuk sebuah bajaj penumpang.

Selis Bromo sendiri memiliki 4 pintu di samping, dan mampu mengangkut hingga 3 orang. Maksimum daya angkutnya mencapai 300 kg.

Fitur-fitur yang ada pada Selis Bromo di antaranya LCD Display Meter Cluster, Radio dengan port USB, dan pilihan AC dan panel surya yang dapat memberika daya ekstra hingga 15 km.

Harga off the road yang disematkan pada bajaj listrik ini berkisar dari Rp50 juta hingga Rp68 juta, tergantung dengan penambahan AC dan Solat Panel.

Selis New Balis

Masih dari merek Selis dan bentukannya juga menyerupai bajaj, Selis New Balis memiliki kapasitas yang lebih kecil, cuma dua orang.

Hal ini terlihat dari cuma tersedianya dua pintu dan jok di dalamnya (1+1). Daya angkutnya juga sama dengan Bromo yaitu 300 kg.

Untuk performanya, New Balis bisa mencapai kecepatan 45 km per jam dan jarak tempuh 50 km.

Performa yang lebih pendek ini dikarenakan baterai yang disematkan berupa Seal Lead Acid kapasitas 60V45Ah dan dinamo berdaya 1500W.

Fitur-fitur yang ada pada New Balis di antaranya 2-speed shifter, forward & reverse switch, cabin fan, reverse sound, opsi kamera belakang, dan wiper depan.

Selis New Balis dibanderol harga Rp45 juta off the road.

Selis New Robin

Produk Selis terakhir yang beroda tiga adalah motor listrik tipe New Robin. Sebenarnya, Selis New Robin bisa lebih dikatakan sebagai sepeda listrik daripada motor listrik.

Dengan baterai 48V20Ah dan motor dinamo tenaga 500W, jarak tempuhnya hanya mencapai 40 km dan kecepatan tertingginya cuma 30 km per jam.

Jadi, New Robin lebih cocok untuk pemakaian di dalam perumahan atau komplek.

Daya angkutnya 200 kg, dengan kursi jok cukup untuk dua orang.

Selis New Robin memilik beberapa fitur seperti 3-speed shifter, reverse & forward switch, LED headlight, digital speedometer, sliding sadle, dan rear box untuk tempat penyimpanan barang.

Selis menjual New Robin ini dengan harga sebesar Rp17,5 juta. Tidak adanya keterangan on the road atau off the road menunjukkan New Robin memang merupakan motor listrik yang tidak dipakai di jalan raya.

Solaris R3 Balis

Motor listrik roda tiga selanjutnya berasal dari pabrikan asal Surakarta, yaitu Solaris R3 Balis.

Jika dilihat dari tampilannya, rasanya Solaris R3 Balis lebih cocok sebagai motor komersial di lokasi wisata.

Motor ini memiliki dua baris kursi, dengan baris kedua mampu memuat dua orang penumpang, serta tidak ada pintu masuk layaknya bajaj sehingga tampilannya lebih terbuka.

Dengan baterai 60V32Ah serta motor dinamo tenaga 1.500W Solaris R3 Balis dapat menempuh jarak kurang lebih 40 km, serta kecepatan maksimum yang dicapai 35 km per jam.

Daya angkutnya sendiri bisa mencapai kurang lebih 250 kg. Sistem pengereman yang digunakan adalah drum brake, sedangkan dalam segi keamanan dilengkapi dengan remote alarm system.

Harga Solaris R3 Balis ini dibanderol Rp25,8 juta.

Solaris R3 Maleo

Selain R3 Balis, Solaris juga memiliki produk tipe R3 Maleo. Jika dibandingkan, produk motor listrik roda tiga satu ini lebih cocok untuk pemakaian pribadi.

Baterai listrik yang digunakan pada R3 Maleo memiliki kapasitas 48V20Ah. Motor dinamo yang menjadi penggeraknya memiliki daya 1.500W.

Motor dinamo beserta baterai tersebut membuat R3 Maleo dapat mencapai kecepatan tertinggi 35 km per jam.

Sementara itu, jarak tempuh yang bisa dicapai R3 Maleo dengan baterai yang digunakan yaitu sekitar 35 km dengan daya angkut total kurang lebih 250 kg.

Sama halnya dengan R3 Balis, R3 Maleo juga menggunakan drum brake system dan remote alarm system sebagai keamanannya.

Harga Solaris R3 Maleo dibanderol Rp18,8 juta.

Viar RE3

Viar juga tidak ketinggalan memiliki produk motor listrik beroda tiga. Produk tersebut dinamakan Viar RE3.

Memiliki dimensi panjang 1.540 mm, lebar 760 mm, dan tinggi 970 mm, Viar RE3 lebih pas digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dekat rumah, misalkan pergi ke warung atau pasar untuk berbelanja.

Baterai yang digunakan pada motor listrik ini berupa VRLA kapasitas 48V20Ah yang menjadi sumber tenaga untuk motor berdaya 500W.

Dari segi performa, Viar RE3 dapat menempuh jarak hingga 60 km sekali pemakaian baterai, dan kecepatan maksimum mencapai 25 km per jam.

Pengisian daya baterainya sendiri hingga 100% bisa dilakukan dalam kurun waktu 4 – 5 jam.

Dilansir dari toko online resmii MOTOR VIAR INDONESIA, Viar RE3 dapat dipesan secara pre-order dengan harga sebesar Rp15,23 juta.

Honda Gyro E

Honda Gyro E menjadi salah satu model motor listrik roda tiga pada daftar ini.

Namun, Gyro E merupakan produk yang belum hadir secara resmi di Indonesia.

Honda Gyro merupakan motor komersial yang umum dijual di Negeri Sakura sejak 1982.

Pada 2021 kemarin, Honda merilis model Gyro dalam bentuk elektrifikasi.

Sumber tenaga dari Gyro E berasal dari dua baterai lithium-ion berkapasitas 50,4V 20,8Ah yang berteknologi Honda Mobile Power Pack e:.

Motor yang didukung oleh baterai tersebut pada Gyro E memiliki daya 580W.

Dengan motor dinamo dan baterai tersebut, Gyro E mampu menghasilkan tenaga hingga 4,4 PS dan torsi tertinggi 13 Nm. Jarak tempuh yang dapat dicapai hingga 85 km.

Honda Gyro E juga memiliki beberapa fitur seperti LED headlight, digital speedometer, reverse assist, accessory socket untuk mengecas handphone atau alat elektronik lain, parking lock, rear deck sebagai tempat membawa barang-barang besar, dan lain sebagainya.

Mengutip situs web resmi Honda Jepang, Gyro E dijual dengan harga 550 ribu yen. Jika dikonversikan ke rupiah menjadi sekitar Rp58 juta lebih. [ABP/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Andrew Barnabas Panggabean

Andrew Barnabas Panggabean

Seorang penulis/penerjemah bahasa Inggris. Memulai karier sebagai Content Writer di Gojek (2017-2019), lalu bergabung ke mobil123.com pada Desember 2021.


Berita Utama


Komentar