Contraflow Akibat Tol Cipali Ambles akan Diperpendek

Berita Otomotif

Contraflow Akibat Tol Cipali Ambles akan Diperpendek

JAKARTA – Pihak Kepolisian masih terus melakukan rekayasa lalu lintas akibat amblasnya Jalan Tol Cipali KM 122 arah Jakarta.

Salah satu rekayasa lalu lintas yang dilakukan adalah dengan menerapkan contraflow di jalur A (Cikopo arah Palimanan) sejauh 9 kilometer dari KM 117-126. Namun jarak contraflow ini akan diperpendek untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan.

Sayangnya, hingga berita ini dibuat belum dijelaskan dari KM berapa contraflow diperpendek. Situasi terkini, arus lalu lintas dari arah timur atau Cirebon sedikit tersendat. Kondisi ini mungkin akan menjadi lebih rumit saat libur panjang imlek.

“Dari arah Barat alhamdulillah lancar kemudian dari arah timur memang ada sedikit tersendat tapi masih belum perlu secara total dialihkan ke arteri. Tapi ada punya permintaan dari pihak pengelola untuk contraflow-nya diperpendek agar tidak ada tumpukan yang lebih panjang,” ungkap AKP Endang, Kasat Lantas Polres Subang.

Tol Cipali Ambles
Sejauh ini, kata Endang, belum ada imbauan khusus untuk warga yang hendak menuju ke Jakarta sebab kondisi lalu lintas belum terlalu padat. Selain itu, belum ada pengalihan arus lalu lintas kepada truk kontainer untuk mencegah Tol Cipali amblas lagi.

“Sementara mah enggak terlalu masalah, kenapa dibilang enggak terlalu masalah? Karena mereka (yang akan ke Jakarta) bisa pilihan lewat jalur tengah kemudian jalur tol juga mengalir enggak terlalu (padat)” ucapnya.

Akan tetapi, menurut Endang, pada libur panjang Imlek pada akhir pekan nanti, kemungkinan bakal ada pembatasan truk kontainer yang melintasi Tol Cipali. Pemberlakuan ini, nantinya bakal disampaikan secara resmi oleh Kemenhub.

“Untuk libur panjang ini nanti dibatasi untuk kendaraan besar,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa Jalan Tol Cipali KM 122 arah Jakarta amblas sepanjang 30 meter di jalur 1 dan bahu jalan sedalam 2 meter. Perbaikan yang dilakukan pun diperkirakan akan memakan waktu sekitar 2 pekan sehingga masyarakat disarankan untuk melalui jalur alternatif.

Meski demikian, Astra Tol Cipali selaku pengelola Astra Tol Cipali mengumumkan bahwa pihaknya sedang membangun jalur darurat di sekitar area tol yang amblas. Dengan demikian beban arus lalu lintas bisa segera berkurang.

“Untuk mengurangi beban lalu lintas, dibangun lajur darurat di median, diperkirakan memakan waktu tiga hari,” ucap Agung Prasetyo, Direktur Operasi Astra Tol Cipali. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar