Cara Terbaru Suzuki Dorong Penjualan Karimun Wagon R di Indonesia

Berita Otomotif

Cara Terbaru Suzuki Dorong Penjualan Karimun Wagon R di Indonesia

JAKARTA – Suzuki Karimun Wagon R rakitan Indonesia jauh lebih laris di pasar luar negeri, ketimbang pasar domestik. Merek asal Jepang itu pun kini coba perluas target konsumen Karimun Wagon R di dalam negeri.

Karimun Wagon R merupakan salah satu model Suzuki yang hadir kembali di Indonesia sejak 2013 dan langsung dirakit secara lokal. Model ini menempati segmen LCGC (low cost green car/mobil murah ramah lingkungan) yang mendapatkan keringan pajak dari pemerintah.

City car tersebut, selain dijual di dalam negeri, sekarang juga diekspor secara terurai (Completely Knock Down/CKD) ke Pakistan.

Suzuki Karimun Wagon R

Kendati begitu, performa Karimun Wagon R di dalam dan luar negeri saat ini terbilang jomplang.

Menilik data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualannya di pasar roda empat Tanah Air sepanjang Januari-Juli 2021 hanya 1.312 unit.

Secara rata-rata, per bulan, penjualannya berarti hanya kisaran 187 unit. Volume ekspor, di sisi lain, mencapai 11.040 unit sepanjang Januari-Juli 2021 atau rata-rata 1.577 unit tiap bulan.

Menurut Marketing Director PT. Suzuki Indomobil Sales Donny Saputra, jumlah tersebut bahkan sudah bertambah menjadi sekitar 12.500 unit hingga Agustus kemarin.

“Model yang paling banyak diekspor Wagon R,” kata dia mengenai performa ekspor CKD serta CBU (Completely Built Up/unit utuh) Suzuki dalam Diskusi Virtual dengan Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot), Jumat (17/9/2021) kemarin.

Suzuki Karimun Wagon R

Menurutnya, model-model Suzuki yang dirakit di Indonesia memang selalu mengintip peluang ekspor. Ini adalah cara agar mereka tidak 100% bergantung pada pasar domestik.

“Ini salah satu strategi Suzuki agar punya portofolio baik di setiap produk. Jadi, kami tak hanya bergantung pada pasar domestik tapi juga bisa bersaing di negara-negara yang akan diekspor,” aku Donny

Suzuki Karimun Wagon R Ditawarkan Sebagai Fleet

Meski berkontribusi sangat baik bagi Suzuki di ranah ekspor, mereka tetap berupaya mendongkrak performa Karimun Wagon R di Tanah Air.

Kini, jelas Donny, Karimun Wagon R tak hanya menyasar konsumen retail sebagai kendaraan penumpang. Konsumen-konsumen perusahaan pun coba dipenetrasi.

“Salah satu cara yang kami lakukan adalah menjualnya secara fleet (armada untuk perusahaan—Red),” tandas dia.

“Kami melakukan perubahan bentuk sehingga di pasar domestik (Karimun Wagon R) bisa diterima dengan baik oleh konsumen fleet, perusahaan, sesuai usaha,” tutup Donny. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar