Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mulai Membaik, Jumlah Ekspor Suzuki Naik Lagi

Berita Otomotif

Mulai Membaik, Jumlah Ekspor Suzuki Naik Lagi

JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) berhasil meningkatkan jumlah ekspor kendaraan mereka.

Berdasarkan data resmi, jumlah kendaraan yang diekspor telah meningkat sebesar  12% pada periode Januari-Maret 2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Suzuki XL7 dan Suzuki Karimun Wagon R menjadi model yang paling banyak diekspor oleh Indonesia.

Suzuki XL7 yang diekspor meningkat hingga 136% dan Suzuki Karimun Wagon R sebesar 277%. Pencapaian ini menjadi bukti bahwa kualitas produk Suzuki Indonesia telah diakui dan diminati secara global,” terang Apriyanto, Production Planning Control Assistant to Dept. Head PT SIM.

Selain ekspor dalam bentuk utuh (CBU/Completely Built Up) Suzuki XL7 yang berkontribusi hingga 25,3%, performa ekspor Suzuki juga didukung pengapalan Suzuki Karimun Wagon R secara terurai (CKD/Completely Knock Down) sebesar 29,3%. Jumlah ekspor CBU Suzuki Ertiga terbilang cukup besar karena berhasil menyumbang sebesar 14,1% dari total ekspor Suzuki.

Total performa ekspor Suzuki mencapai 17.216 unit pada periode Januari - Maret 2021. Total negara tujuan ekspor adalah sebanyak 51 negara yang tersebar di Asia, Timur Tengah, Afrika, Amerika Selatan, Oseania, dan Afrika.

Tidak hanya peningkatan pada periode Januari-Maret 2021, Suzuki juga mencatatkan adanya peningkatan pada angka ekspor CBU bulan Maret jika dibandingkan dengan bulan Februari 2021. Permintaan Suzuki Carry Pick Up berhasil meningkat hingga 66%. XL7 pun turut berkontribusi dengan mengapalkan lebih dari 2.000 unit pada bulan Maret lalu, meningkat hampir 20% dibandingkan bulan sebelumnya.

“Melihat adanya tren pergerakan ekspor yang positif, Suzuki Indonesia optimistis industri otomotif akan mulai pulih tahun ini. Harapan kami, target yang sudah kami tetapkan untuk angka penjualan ekspor dapat tercapai sehingga Suzuki dapat terus berkontribusi positif terhadap perkembangan industri otomotif dan perekonomian Indonesia,” tutup Apriyanto.

Selama ini Suzuki memang salah satu perusahaan yang cukup rutin mengekspor kendaraannya ke . Namun pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang melanda dunia membuat jumlah ekspor kendaraan Suzuki mengalami perlambatan. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang