BMW Percaya Diri Bisa Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Berita Otomotif

BMW Percaya Diri Bisa Rakit Mobil Listrik di Indonesia

JAKARTA – BMW Indonesia yakin bisa merakit mobil listrik, khususnya yang berteknologi plug-in hybrid electric vehice (PHEV) di Indonesia. Rencana ini akan dilakukan di masa depan sesuai dengan syarat pemerintah untuk mendapatkan insentif pajak bagi kendaraan ramah lingkungan.

Pemerintah sendiri kini sedang menggodok regulasi low carbon emission vehicle (LCEV) yang antara lain mengatur keringanan pajak bagi mobil listrik, baik untuk listrik murni maupun hibrida, demi menciptakan pasar kendaraan rendah emisi di negeri ini. Pada 2025, pemerintah menargetkan penjualan mobil-mobil listrik berkontribusi 20 persen dari total pasar roda empat nasional.

Menurut Kementerian Perindustrian dalam berbagai kesempatan, peraturan tersebut ditargetkan rampung dan terbit tahun ini. Regulator bakal meminta komitmen pabrikan-pabrikan yang menikmati insentif pajak untuk memproduksi mobil ramah lingkungan di Tanah Air dalam tiga sampai lima tahun setelah meluncurkan model kendaraan ‘hijau’ mereka.

Menanggapi hal ini, Wakil Presiden Komunikasi Korporat BMW Group Indonesia Jodie O’Tania mengatakan bahwa keinginan pemerintah sangat memungkinkan.

“Kami tidak bicara mengenai waktu, tiga sampai lima tahun. Tetapi dibicarakan adalah saat ini kami punya enam model rakitan Indonesia. Dan nantinya varian mobil hibrida sangat memungkinkan untuk bisa dirakit secara lokal,” ujar dia ketika diwawancarai pada Rabu (1/3/2018) malam di Jakarta.

Namun, BMW tidak bersedia memberitahu waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi kendaraan berbahan bakar alternatif mereka di Tanah Air. Ini berbeda dengan seteru berat mereka, Mercedes-Benz, yang sudah membeberkan keyakinan mereka memproduksi secara lokal mobil listrik hanya dua tahun setelah meluncurkannya.

“Banyak yang mesti diperhitungkan soal lokalisasi produksi. Kalau bicara soal time line produksi lokal, itu berkaitan dengan bisnis plan, perkembangan dari target pasar kendaraan itu sendiri. Jadi belum bisa info soal kapan bisa lokalisasi,” papar Jodie.

Untuk diketahui, saat ini model-model BMW yang sudah dirakit lokal adalah Seri 3, Seri 5, Seri 7 (sedan); X1, X3, X5 (sport utility vehicle/SUV). Keenamnya diproduksi di pabrik PT. Gaya Motor di Sunter, Jakarta, yang dimiliki oleh Grup Astra International.

BMW tahun ini berencana meluncurkan lebih dari 10 model, baik untuk merek itu sendiri maupun Mini. Beberapa di antaranya ialah mobil plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), salah satunya i8 Roadster. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support