BMW Akan Luncurkan Mobil Listrik Meski Tanpa Insentif

Berita Otomotif

BMW Akan Luncurkan Mobil Listrik Meski Tanpa Insentif

JAKARTA – BMW menegaskan bahwa rencana peluncuran lebih dari satu mobil listrik tahun ini, khususnya yang berteknologi plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), akan tetap dilaksanakan walaupun regulasi mobil listrik belum terlalu jelas kapan diterbitkan.

Pemerintah saat ini sedang merancang regulasi low carbon emission vehicle (LCEV) demi mempromosikan mobil hibrida serta mobil listrik di Indonesia. Kementerian Perindustrian beberapa kali mengatakan regulasi ditargetkan terbit tahun 2018 namun masih belum bisa memastikan, hingga bulan ketiga belum ada kejelasan kapan pastinya peraturan LCEV terbit.

Menanggapi hal ini, Wakil Presiden Komunikasi Korporat BMW Group Indonesia Jodie O’Tania menjelaskan insentif pajak, meski penting, bukan satu-satunya faktor penentu dalam komunikasi dan perencanaan peluncuran mobil ramah lingkungan BMW. Buktinya, BMW sudah meluncurkan kendaraan PHEV, i8, pada 2016 atau sebelum wacana regulasi LCEV muncul.

“Kalau kita menunggu insentif, kapan kita akan perkenalkan? Kalau begitu pasti enggak ada yang mulai atau kita enggak tahu kapan (bakal ada mobil listrik di Indonesia),” kata Jodie.

Meski begitu, Jodie tetap berharap regulasi LCEV terbit tahun ini sesuai dengan  janji pemerintah agar mendukung pergerakan BMW.  Pihaknya sudah punya strategi cukup komprehensif untuk mengomunikasikan mobil listrik. Ini bisa dilihat dari milestone mereka saat memperkenalkan (i8) pada 2014, meluncurkannya pada 2016, lalu menambah diler BMW i.

“Fasilitas servis untuk BMW i juga sudah dilengkapi, dipersiapkan. BMW siapkan dari hulu ke hilir agar saat regulasi sudah ada, kami siap dengan hal-hal yang dibutuhkan. Kendaraan listrik pasti butuh pengetahuan dan teknisi berbeda dari mesin konvensional,” lanjut Jodie lagi.

Seteru abadi Mercedes-Benz tersebut sudah mempunyai dua diler BMW i di negeri ini yang terletak di Serpong, Tangerang serta Tebet, Jakarta. Pada  2018, pabrikan asal Jerman ini bersiap meluncurkan lebih dari 10 model baru untuk merek BMW maupun Mini.

Beberapa di antaranya ialah mobil PHEV. Salah satu yang telah diungkap adalah i8 Roadster. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support