BMW Motorrad Kenalkan Sistem Cruise Control Aktif

Berita Otomotif

BMW Motorrad Kenalkan Sistem Cruise Control Aktif

MUNICH – BMW Motorrad memperkenalkan sistem bantuan pengendara yakni Cruise Control aktif yang akan menambah kenyamanan berkendara.

Sistem Cruise Control pada sepedamotor belakangan ini tengah diminati, khususnya pada kendaraan-kendaraan roda dua premium. Beberapa pabrikan motor berlomba-lomba untuk mengembangkan fitur bantuan untuk pengendara seperti Cruise Control.

Sebut saja Ducati, KTM dan Kawasaki yang telah membenamkan fitur Cruise Control Aktif pada produk-produknya. BMW sendiri dikatakan merupakan pemain baru yang menyematkan fitur pembantu pengendara.

Layaknya sistem cruise control pada umumnya, fitur yang dikembangkan BMW Motorrad juga memungkinkan pengendara untuk mengatur kecepatan, membebaskan tangan dari grip gas dan membiarkan sistem yang mengatur bukaan gas.

Sistem Cruise Control Aktif memiliki satu fungsi yang lebih baik dari Cruise Control biasanya. Karena fitur baru ini bisa mengatur kecepatan dengan mendeteksi kendaraan yang berada di depan. Dengan kata lain yang lebih simpel sistem ini mampu mengatur jarak aman dengan kendaraan lain di depan.

Jarak antar kendaraan di depan juga bisa diatur dengan mudah oleh pengendara, sesuai dengan tingkat kenyamanan pengendara itu sendiri. Setidaknya terdapat tiga pilihan jarak mulai dari yang paling dekat hingga paling jauh. Selain itu, pengendara juga dapat memilih mode berkendara yang paling nyaman sampai paling agresif sekalipun.

Dikatakan bahwa sistem BMW ini akan secara otomatis mengurangi kecepatan, ketika kendaraan mulai masuk tikungan atau berbelok. Sistem ini membaca kemiringan kendaraan dan semakin rendah, maka kecepatannya akan semakin turun.

Sekali lagi yang tidak boleh dilupakan pada sistem bantuan pengendara ini adalah menjaga kewaspadaan selama berkendara. Karena pada situasi jalan yang padat, sistem mungkin tidak bisa menjalankan fungsinya seratus persen. Maka dari itu dibutuhkan kewaspadaan pengendara.

Dikabarkan bahwa BMW K1600 adalah produk pertama yang akan menggunakan sistem Cruise Control Aktif. Motor jenis Cruiser tersebut sangat cocok untuk dibenamkan fitur canggih ini, karena penggunaannya lebih banyak untuk touring jarak jauh. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar