Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

BMW Astra Bagikan Tips Merawat Kendaraan yang Terparkir Lama Selama Masa PSBB

Panduan Pembeli

BMW Astra Bagikan Tips Merawat Kendaraan yang Terparkir Lama Selama Masa PSBB

JAKARTA – Selama pandemik Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), masyarakat menjadi jarang berpergian dan menggunakan kendaraannya.

Meski hanya terparkir digarasi, kendaraan tetap harus mendapatkan perawatan sehingga ketika akan digunakan, mobil dapat berfungsi dengan baik. Hal ini disampaikan oleh Budi Kurniawan After Sales Manager BMW Astra.

“Dengan tetap di rumah, mobil yang terparkir tetap memerlukan perawatan. Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan agar mobil terparkir tetap dalam kondisi prima saat akan digunakan nanti,” terangnya.

Berikut ini hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kendaraan tetap prima selama tidak digunakan:

  1. Melepas rem tangan
    Melepas tuas rem tangan bertujuan untuk memastikan brake shoe, brake pad, dan brake disc tidak lengket dan macet.
  2. Memposisikan transmisi di posisi “P” bagi mobil dengan transmisi otomatis
    Hal ini untuk mencegah mobil bergerak saat berhenti tanpa menggunakan rem.
  3. Tambah tekanan angin ban sampai 3,5 bar
    Penambahan tekanan angin pada ban berguna untuk menghindari kerusakan ban kendaraan pada bagian tertentu karena tekanan yang tidak merata.
  4. Panaskan mesin dan AC mobil secukupnya
    Panaskan mesin mobil di ruang terbuka dua kali dalam seminggu selama 20 menit sambil menginjak pedal gas agar putaran mesin minimal 2000 RPM. Sambil memanaskan mesin buka jendela mobil dan nyalakan AC kendaraan agar terjadi sirkulasi oli pada sistem AC dan udara di dalam kabin, sehingga fungsi kerja AC selalu prima.
  5. Parkir mobil di tempat beratap
    Simpan kendaraan di tempat beratap untuk memastikan terlindung dari cuaca ektrim, gangguan dan kotoran hama liar merusak ekterior. Selain itu juga berguna untuk membuat suhu di dalam mobil tetap rendah sehingga sirkulasi udara di dalam kabin tetap segar dan komponen interior lebih awet.
  6. Gunakan alat pelindung tambahan pada permukaan mobil
    Cuci permukaan kendaraan termasuk pembersihan interior, perawatan cat dan krom. Pasang penutup mobil jika perlu. Bersihkan karet seal bagasi dan pintu serta aplikasikan produk perawatan dengan bahan yang direkomendasikan.

Bila ternyata kendaraan mengalami kerusakan gangguan seperti indikator menyala, maka disarankan untuk menghubungi bengkel resmi untuk ditangani secara langsung. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang