Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Berubah Setelah 15 Tahun, Daihatsu Gran Max Kini Pakai Mesin Avanza-Xenia

Mobil Baru

Berubah Setelah 15 Tahun, Daihatsu Gran Max Kini Pakai Mesin Avanza-Xenia

JAKARTA – Daihatsu Gran Max mendapatkan penyegaran model, tapi hanya untuk varian mesin bensin 1.5-liter. Di antara daftar ubahannya ialah penyematan mesin All New Toyota Avanza-Daihatsu Xenia.

Gran Max pertama kali meluncur di Indonesia pada November 2007. Selama 15 tahun, modelnya tidak diutak-atik.

Akhirnya, pada akhir Agustus 2022, kendaraan ini diperbarui tapi hanya untuk opsi mesin bensin 1.5-liter. Adapun Gran Max 1.3 tetap dibiarkan seperti 15 tahun silam.

“Pembaruan dilakukan di Gran Max 1.5 karena di tipe mesin ini penjualannya cukup besar, kira-kira 70 persen dari total dan persaingannya kebanyakan juga ada di situ. Gran Max 1.3 lebih sensitive terhadap harga. Benar-benar melihat harganya saja,” jelas Executive Coordinator Product I Department PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Dendy Triyanto dalam seremoni peluncuran, Selasa (30/8/2022) di Jakarta.

Ubahan pertama Gran Max terbaru ada pada penyematan Electric Power Steering. Lalu, sektor dapur pacu juga dipermak.

Mesin 1.5-liter berkode 3SZ-VE diganti menjadi 1.5-liter 2NR-VE. Berdasarkan penelusuran Mobil123.com, mesin itu juga digunakan oleh duet Avanza-Xenia generasi baru.

Alhasil, tenaga maksimal Gran Max 1.5-liter pun kini meningkat sedikit menjadi 97 hp, dengan torsi puncak 134 Nm.

“Dibandingkan sebelumnya, mesin 2NR-VE ini lebih hemat BBM (bahan bakar minyak) 5 persen menurut pengetesan internal metode NEDC,” klaim Executive Coordinator Technical Service Division ADM Bambang Supriyadi.

Mesin ini, lanjut dia, juga lebih minim perawatan. Pasalnya, oli power steering sudah tidak ada dan interval penggantian busi lebih panjang.

“Demikian juga pembersihan ISC (Idle Speed Control), tadinya ada sekarang tidak ada. Coolant tadinya setiap 40 ribu km sekarang tidak ada. Namun demikian, kalau kita bandingkan dengan sebelumnya hampir sama, lebih sedikit, untuk 0-100 ribu km,” papar Bambang.

Selanjutnya, ukuran pelek Gran Max termutakhir naik 1 inci, menjadi 14 inci. Ini berpengaruh dengan ketinggian ground clearance yang bertambah 15 mm.

Lalu, ruang penyimpanan di kabin lebih banyak. Ada, misalnya, dua cup holder dekat AC serta kompartemen-kompartemen baru untuk menaruh rokok atau dokumen.

Harga on the road (OTR) Jakarta Gran Max 1.5, tambah Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, berubah menjadi mulai Rp156,5 juta untuk tipe pikap.

Adapun yang tipe minibus dimulai dari Rp213,8 juta.

“Untuk Gran Max 1.3 dimulai dari Rp150 juta-an,” tutup Hendrayadi. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang