Terjawab Sudah, Toyota Avanza Generasi Terbaru Meluncur Pekan Depan

Berita Otomotif

Terjawab Sudah, Toyota Avanza Generasi Terbaru Meluncur Pekan Depan

JAKARTA – Toyota Avanza generasi terbaru, atau All New Toyota Avanza, dipastikan hadir di pasar Indonesia dalam hitungan hari.

Isu maupun informasi tak resmi mengenai rencana peluncuran All New Avanza beredar kencang sejak paruh kedua 2021. Malahan, foto-foto diduga sebagai Avanza generasi terbaru untuk varian Veloz tersebar di media sosial pada pertengahan Oktober kemarin.

Namun, eksekutif Toyota di negeri ini selalu ogah mengomentarinya.

Toyota akhirnya mengonfirmasi kebenaran isu tersebut melalui undangan bertajuk ‘World Premiere of All New Veloz & All New Avanza’ yang dikirimkan kepada Mobil123.com pada Senin (1/11/2021).

"Melalui surat ini, PT. Toyota Astra Motor mengundang rekan media untuk menyaksikan acara 'World Premiere of All New Veloz and All New Avanza Digital Launch’ yang akan dilaksanakan pada Rabu, 10 November 2021,” demikian tertulis dalam invitasi via surel itu.

world premiere All New Toyota Avanza

Peluncuran yang dilakukan secara virtual tersebut dilakukan hanya sehari sebelum pagelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Pameran otomotif yang diklaim terbesar di Asia Tenggara ini dijadwalkan berlangsung pada 11-21 November di Indonesia International Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang.

Dengan begitu, kemungkinan besar debut publik All New Avanza bakal terjadi di pameran yang sudah absen dua tahun akibat pandemi Covid-19 tersebut.

Avanza merupakan model kolaborasi pertama antara Toyota dengan Daihatsu di Indonesia. Generasi pertama dari model yang diproduksi di pabrik PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) ini hadir perdana pada akhir 2003 dan penjualannya dimulai awal 2004.

Penyegaran model terakhirnya terjadi pada 2019 silam.

Toyota Avanza

Pionir segmen low multi purpose vehicle (LMPV) atau MPV murah tersebut amat laris di pasar otomotif Tanah Air, sampai-sampai dijuluki sebagai ‘mobil sejuta umat’. Bahkan, mobil ini hampir selalu menempati daftar mobil paling banyak terjual di dalam negeri dari tahun ke tahun.

Selain isu Avanza generasi terbaru, belakangan muncul pula pemberitaan mengenai rencana Avanza hybrid. Meski laporan itu datang dari media massa Filipina, diketahui kalau unit yang dijual di negara di kawasan Asia Tenggara ini masih diimpor secara utuh dari Indonesia.

Selama ini, peluncuran Avanza baru selalu dilakukan berbarengan dengan ‘kembarannya’ Daihatsu Xenia. Namun, belum ada pernyataan resmi dari Daihatsu mengenai peluncuran All New Xenia.

All New Avanza maupun All New Xenia dipercaya akan mengambil inspirasi desain dari mobil konsep DN Multisix. Kendaraan purwarupa ini pernah dipamerkan oleh Daihatsu dalam GIIAS 2017. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar