Berani Tantang Toyota Raize, Ini ‘Senjata’ Renault Kiger di Indonesia

Berita Otomotif

Berani Tantang Toyota Raize, Ini ‘Senjata’ Renault Kiger di Indonesia

JAKARTA – Renault Kiger resmi megajak perang Toyota Raize di Indonesia. Modal Kiger adalah harga yang nantinya lebih terjangkau, dengan fitur yang juga sudah cukup canggih di kelasnya.

Kiger, SUV kompak lima penumpang, menjalani soft launching di pasar otomotif Indonesia secara virtual pada Jumat (27/8/2021).

Hingga September 2021, Renault Kiger dijual dengan harga khusus Rp275,9 juta on the road (OTR) Jakarta. Kemudian, bulan berikutnya akan naik menjadi Rp278 juta OTR Jakarta.

Kalau bicara saat ini, banderol Kiger masih di atas Raize, pesaing satu segmen milik merek paling kuat di Indonesia yakni Toyota. Namun, eksekutif Renault Indonesia menggadang-gadang bahwa hal ini hanya karena Raize sedang dapat diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 100 persen.

Renault Kiger

“Harga kompetitor kami ini masih mendapatkan subsidi dari pemerintah. PPnBM 0 persen. Kami sudah hitung, kalau pembebasan PPnBM ini nanti sudah dihilangkan, harga kami lebih kompetitif. Lebih terjangkau untuk tipe selevel yang kami bawa yaitu CVT 1.000 cc turbo two tone colour,” ucap COO PT. Maxindo Renault Indonesia Davy J. Tuilan menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers.

Untuk memberikan gambaran lebih, harga tipe-tipe Raize 1.000 cc turbo ketika berita ini dinaikkan berkisar antara Rp219,9 juta sampai Rp265,9 juta OTR Jakarta menurut situs resmi Toyota. Namun, itu adalah rentang banderol pada masa insentif PPnBM 100 persen yang sejauh ini direncanakan berlangsung hingga Agustus 2021.

Fitur Unik Renault Kiger

‘Senjata’ lain dari Kiger dalam menantang Raize adalah ground clearance yang diklaim terbaik di kelasnya setinggi 205 mm.

Dalam daftar fitur, ada pula yang diklaim sebagai pertama di segmennya.

Renault Kiger

Davy mencontohkan PM 2.5 Air Filter. Menurut dia, ini sangat dibutuhkan di tengah pandemi Covid-19.

“Saya sudah cek, di kompetitor-kompetitor kami itu adanya PM 10 Air Filter,” terang dia.

Fitur lain yang dimiliki Kiger antara lain, Smart Access Card yang juga unik sekaligus pertama di kelasnya, Keyless Entry, Head Unit Touch Screen 8 Inch with Wireless Android Auto and Apple CarPlay, Multi Sense Driving Mode (Eco, Normal, Sport), Front and Rear Parking Sensors (optional), Multi Skin TFT Meter Cluster 7 Inch, serta Ambient Light.

Fitur-fitur keselamatan serta keamanannya, ada Stability Control, Traction Control, Vehicle Dynamic Control, sistem pengereman ABS+EBD+BA, empat airbag, Speed Sensing Lock, Impact Sensing Lock, Seatbelt Warning, dan ISOFIX.

Namun, Kiger belum punya fitur bantuan pengemudian aktif serupa Toyota Safety Sense di Raize 1.0 turbo tipe tertinggi. Salah satunya Adaptive Cruise Control.

Daftar lengkap Toyota Safety Sense pada Raize adalah Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, dan Pedal Missoperation Control.

Jadi, Anda pilih SUV kompak yang mana, Kiger atau Raize? [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar