Wah, Varian SUV Murah Renault Kiger di Indonesia Bisa Bertambah

Berita Otomotif

Wah, Varian SUV Murah Renault Kiger di Indonesia Bisa Bertambah

JAKARTA – Renault sedang menggelar studi untuk menambah varian Kiger, SUV murah mereka di Indonesia.

Kiger merupakan SUV kompak lima penumpang terbaru di pasar otomotif Tanah Air yang menjalani soft launching secara virtual pada 27 Agustus 2021.

Model yang diimpor utuh (Completely Built Up/CBU) dari India tersebut menantang para ‘seniornya’ yakni Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Nissan Magnite, maupun Kia Sonet 5-Seaters.

Renault, pabrikan otomotif asal Prancis, saat ini hanya membawa satu varian Kiger yakni 1.000 cc turbo CVT Two Tone Colour dengan fitur relatif canggih. Harga on the road (OTR) Jakarta-nya, selama periode promosi hingga September mendatang, Rp275,9 juta dan kemudian menjadi Rp278 juta setelahnya.

Di India sendiri, Kiger terdiri dari banyak varian. Selain mesin bensin 1.000cc turbo, ada pula opsi mesin 1.000 cc naturally aspirated (non-turbo).

Renault Kiger

Untuk transmisi, Kiger bahkan memiliki tiga variasi: manual (MT), automated-manual (AMT), juga otomatis CVT.

Meski saat ini di Indonesia hanya tersedia satu varian saja, Renault sudah memiliki keinginan menambah varian Kiger.

“Itu (varian-varian Kiger yang lain) sedang kami pelajari dan kami sekarang sedang melakukan tes pasar,” ucap Chief Operationg Officer PT. Maxindo Renault Indonesia Davy J. Tuilan dalam konferensi pers soft launching.

Tadinya, lanjut dia, riset sekaligus tes pasar tersebut ingin dilakukan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Akan tetapi, pameran otomotif yang diklaim terbesar se-Asia Tenggara ini mundur dari Agustus ke September dan kemudian menjadi ke November, karena gelombang kedua pandemi Covid-19.

SUV murah Renault Kiger

Salah satu yang ingin Renault ketahui, sebut Davy, misalnya adalah potensi untuk menghadirkan Kiger varian 1.000 cc non-turbo bertransmisi AMT.

“Mesin 1.000 cc AMT-nya itu benar-benar sama dengan Triber yang kami jual sampai sekarang,” tandas mantan eksekutif Suzuki dan Nissan Indonesia ini, menyinggung model MPV murah mereka.

“Nanti, kalau kami sudah mendapatkan hasil riset di pasar yang lebih baik, ada kemungkinan memasukkan lebih dari satu varian,” tambah Davy.

Adapun satu-satunya varian Kiger di Indonesia sekarang memiliki fitur Keyless Entry, Smart Access Card, Head Unit Touch Screen 8 Inch with Wireless Android Auto and Apple Carplay, Multi Sense Driving Mode.

Ada pula empat airbag, sistem pengereman ABS+EBD+BA, Electronic Stability Control, Traction Control System, Vehicle Dynamic Control. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar