Berangkat ke Amerika Serikat, Jokowi Jadi Bertemu Bos Tesla Elon Musk?

Berita Otomotif

Berangkat ke Amerika Serikat, Jokowi Jadi Bertemu Bos Tesla Elon Musk?

JAKARTA - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat. Di antaranya untuk bertemu para pemimpin perusahaan besar.

Jokowi, sapaan Joko Widodo, sudah bertolak ke ‘Negeri Paman Sam’ pada Selasa (10/5/2022) ini. Ia dan delegasi Indonesia akan berada di sana selama kurang-lebih tiga hari.

“Pagi ini, saya dan delegasi akan berangkat melaksanakan kunjungan kerja ke Washington DC dari tanggal 11 sampai 13 Mei 2022,” ucap dia sebelum pesawat lepas landas di Bandara International Soekarno-Hatta, seperti dilaporkan situs Sekretariat Kabinet.

Berbagai agenda menanti Jokowi di Amerika Serikat. Salah satunya yang disebutkan adalah bertemu para Chief Executive Officer (CEO) korporasi besar asal negara tersebut.

Luhut Binsar Pandjaitan dan Elon Musk di Texas

Pada penghujung April kemarin, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melalui akun Instagramnya menjelaskan CEO Tesla Elon Musk berjanji mengosongkan jadwal untuk bertemu Jokowi di sela-sela kunjungan kerja ‘RI 1’ bulan ini.

Musk mengatakannya ketika bertemu dengan Luhut pada 26 April 2022 di Gigafactory baru Tesla di Austin Texas. Ketika itu, Luhut dan rombongan bersua dengan salah satu orang terkaya di dunia tersebut untuk ‘merayunya’ berinvestasi di Tanah Air.

Sejak 2020, Luhut memang cukup santer memberitahukan ketertarikan Tesla, salah satu pabrikan mobil listrik terbesar dunia saat ini, untuk berinvestasi di Indonesia. Akan tetapi, kabar itu timbul dan tenggelam selama dua tahun.

Sayang, dalam keterangan resmi terbaru Sekretariat Kabinet, tidak dijabarkan nama-nama CEO yang akan bertemu dengan Jokowi di Amerika Serikat.

Presiden Jokowi

Sebagai informasi, pemerintah Indonesia memang berambisi menjadikan Indonesia salah satu rantai suplai penting dalam industri mobil listrik global. Pasalnya, negeri ini memiliki cadangan nikel--material baterai mobil listrik--terbesar sejagat.

Beberapa ‘pemain’ penting di industri sudah mengikat komitmen investasi. Sebut saja, misalnya, Hyundai Energy Solutions asal Korea Selatan serta CATL asal China.

Lebih lanjut, agenda-agenda lain Jokowi ketika berada di Amerika Serikat ialah menghadiri rangkaian pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS). Ada pula pertemuan dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika maupun pertemuan Tingkat Tinggi Pemimpin ASEAN dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru Tesla <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang