Di Depan Jokowi, Elon Musk Bilang Mau ke Indonesia Akhir 2022

Berita Otomotif

Di Depan Jokowi, Elon Musk Bilang Mau ke Indonesia Akhir 2022

JAKARTA - Bos Tesla Elon Musk berjanji ke Presiden Joko Widodo bahwa ia bakal ke Indonesia pada 2022.

Jokowi, sapaan Joko Widodo, bertemu dengan CEO Tesla Elon Musk pada Sabtu (14/5/2022) kemarin.

Namun, seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, pertemuan berlangsung bukan di markas Tesla melainkan di pabrik produksi roket Space X di Boca Chica, Amerika Serikat.

Seperti diketahui, Musk adalah salah satu orang terkaya di dunia. Ia mendirikan berbagai perusahaan seperti pabrikan mobil listrik Tesla, pembuat roket Space X, maupun perusahaan pengeboran The Boring Company.

Presiden Jokowi dan Elon Musk di pabrik Space X Mei 2022

Jokowi datang sekitar pkl.10.30 waktu setempat dan kunjungan berlangsung kurang-lebih satu jam. Di sana, ia dan Musk melakukan diskusi sebelum berkeliling melihat fasilitas produksi pabrik roket Space X.

Dalam pembicaraan antara keduanya, ‘RI 1’ tak lupa mengundang Musk ke Indonesia. Konglomerat eksentrik itu pun berjanji datang akhir tahun ini.

“Mudah-mudahan di Bulan November, terima kasih atas undangannya,” kata Musk.

Kelanjutan Rencana Investasi Tesla di Indonesia

Jokowi menjelaskan pertemuan dengan Elon Musk di sela-sela kunjungan kerjanya di ‘Negeri Paman Sam’ merupakan kelanjutan dari pertemuan sebelumnya antara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dengan sang konglomerat.

Seperti diberitakan sebelumnya, Luhut bertemu menyambangi Gigafactory Tesla di Texas bersama delegasi Indonesia lainnya pada 26 April 2022. Salah satu yang dibicarakan antara lain mengenai potensi investasi baterai mobil listrik di Indonesia.

“Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, teknologi, inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi

Menurut laporan, Elon Musk sangat tertarik dengan masa depan Indonesia. Negara ini terlihat sangat percaya diri terhadap masa depan dan mempunyai energi positif.

Ia bakal mencoba beberapa kolaborasi dengan Indonesia, baik untuk Tesla maupun Space X.

“Saya rasa Indonesia memiliki potensi besar dan saya rasa kami, melalui Tesla dan Space X, akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia,” pungkas dia.

Sekadar mengingatkan, Luhut sejak 2020 sudah mengatakan ketertarikan Tesla berinvestasi di Tanah Air. Namun, kabar itu timbul-tenggelam selama dua tahun tanpa kepastian.

Malahan, pada awal 2022, Luhut sempat menerangkan Tesla urung berinvestasi di Indonesia.

Kabar terkini, saat bertemu dengan Jokowi, orang Elon Musk mengaku bakal mengeksplorasi kemungkinan kerja sama di berbagai hal.

“Kami akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kami membutuhkan banyak orang di masa depan,” kata dia. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang