Bengkel Isuzu Siap Memberikan Pelayanan Purna Jual Ketika Euro 4 Berlaku

Berita Otomotif

Bengkel Isuzu Siap Memberikan Pelayanan Purna Jual Ketika Euro 4 Berlaku

TANGERANG  - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) selaku Agen Pemegang merek (APM) kendaraan Isuzu di Indonesia telah jauh-jauh hari menyatakan kesiapannya menyambut implementasi kebijakan Euro 4 pada mesin diesel. Bahkan, Isuzu juga sudah menyiapkan bengkel-bengkelnya. 

Penerapaan standar emisi Euro 4 untuk kendaraan bermesin diesel sejatinya mulai diterapkan pada pertengahan 2020. Hanya saja, karena Indonesia kala itu tengah dilanda pandemi Covid-19, maka kebijakan tersebut ditunda. 

Akibat pandemi, banyak tenaga-tenaga ahli asing terpaksa harus kembali ke negaranya. Padahal keberadaan mereka sangat dibutuhkan untuk melakukan perubahan komponen mesin menjadi standar Euro 4.

Setelah melalui diskusi antara GAIKINDO dengan kementerian terkait, diputuskan kebijakan Euro 4 untuk kendaraan bermesin diesel diundur.

Hal tersebut diperkuat dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017. Inti dari peraturan tersebut, memutuskan bahwa, penerapan kendaraan bermesin diesel yang sesuai standar emisi Euro 4 mulai diberlakukan April 2022.

Isuzu sebagai produsen kendaraan komersial mendukung kebijakan pemerintah untuk penerapan standar emisi Euro 4 pada kendaraan bermesin diesel. Pihaknya pun siap menghadirkan kendaraan sesuai dengan regulasi yang sudah ditetapkan. 

Kesiapan Isuzu menghadapi Euro 4 sebenaranya sudah ditunjukkan sejak 2011, ditandai dengan memperkenalkan Isuzu GIGA, kendaraan medium truk yang sudah mengimplementasi mesin commonrail.

Tonton Eko, Product Development Division Head PT IAMI menjelaskan, pada 2018 juga diperkenalkan Isuzu Elf NMR 81 bermesin commonrail.

Selanjutnya pada 2019 Isuzu Indonesia melakukan ekspor perdana Isuzu Traga ke Filipina yang sudah menggunakan mesin diesel Euro 4.

Dengan pengalaman Isuzu selama 10 tahun bersama mesin commonrail membuktikan kalau produk Isuzu diterima dengan baik oleh masyarakat dan mekanik Isuzu juga sudah lebih siap. Begitu juga dengan penyediaan suku cadang.  

Saat ini, Isuzu memiliki 145 unit Bengkel Isuzu Berjalan (BIB), 2.403 partshop, dan 73 Bengkel Mitra Isuzu (BMI) yang siap memberikan pelayanan purna jual ketika Euro 4 diimplementasikan nanti. 

“Kami mengerti kekhawatiran para pengusaha truk, driver, maupun mekanik. Namun, sebagai partner sejati, kami Isuzu siap mendampingi Anda untuk setiap langkah dalam perjalanan bisnis konsumen menuju sukses,” kata Tonton.

All New Isuzu MU-X dan D-Max Meluncur di GIIAS 2021

Memanfaatkan momen GIIAS 2021, IAMI meluncurkan All New Isuzu MU-X 4 x 4 dan All New Isuzu D-Max.

Kedua produk yang telah lama dinanti-nanti kehadirannya di Indonesia ini mendapatkan banyak ubahan baik dari segi interior dan eksterior, teknologi, mesin, transmisi, hingga, fitur keselamatan.

“Dengan fokus Isuzu di bisnis Commercial Vehicle dan menyasar segmen tambang, plantation, oil & gas, dan rental company, Isuzu melalui kendaraan ini harapannya dapat menjadi real working partner bagi customer,” ungkap Vice President Director PT IAMI Jap Ernando Demil.

IAMI memasarkan All New Isuzu MU-X 4 x 4 hanya dalam satu varian saja bertransmisi otomatis. Harga yang ditawarkan Rp559,8 juta on the road (OTR) Jakarta.

Sementara, All New Isuzu D-Max diniagakan dengan tiga pilihan varian, yaitu Single Cabin dibanderol Rp363,6 juta, Double Cabin Rp433,2 juta, dan Rodeo seharga Rp459,8 juta. [Ses]




Berita Utama


Komentar