Toyota Hardtop Bekas Tom Hanks Dilelang, Diprediksi Laku Miliaran Rupiah

Berita Otomotif

Toyota Hardtop Bekas Tom Hanks Dilelang, Diprediksi Laku Miliaran Rupiah

LONDON – Tom Hanks rupanya pernah punya Toyota FJ40 Land Cruiser Hardtop 1980. Bagi yang tertarik membelinya, saat ini mobil tersebut sedang dilelang secara online.

Dilaporkan Carscoops pada awal pekan ini, Toyota Hardtop bekas Tom Hanks dilelang melalui situs Bonham. Adapun jenis pelelangannya adalah no-reserve auction (lelang absolut).

Sebagai mobil bekas artis kelas dunia, tentu saja rumah lelang memperkirakan bahwa harga jualnya kelak tidak murah. Perkiraan mereka, kendaraan berwarna Rustic Green ini bisa laku setidaknya 75 ribu sampai 125 ribu dolar Amerika Serikat (AS) atau sekira Rp1,08-1,81 miliar dengan kurs Rp14.494,75 per dolar AS.

Toyota FJ40 Land Cruiser Hardtop Bekas Tom Hanks Dilelang

Untuk membuat mobil terasa lebih istimewa, Pemenang kategori Aktor Utama Terbaik di Piala Oscar 1994 dan 1995 ini membubuhkan tanda tangannya di atas dasbor.

Selama memilikinya, Tom menggunakannya untuk off-road maupun on-road.

Tom Hanks disebut telah melakukan modifikasi pada berbagai sektor. Kaki-kakinya menggunakan suspensi merek Old Man Emu, sedangkan ban menggunakan Toyo Open Country.

Peleknya juga dimodifikasi sehingga terlihat lebih keren serta bernuansa kromium. Tersemat pula, produk aftermarket dari Warn digunakan pada bagian front hub, power brakes, steering, maupun steering damper.

Bagian lain yang sudah tidak standar lagi antara lain kursi belakang, sepasang kursi depan berjenis high back yang diambil dari Porsche, dan roof rack.

Pembelinya kelak akan mendapatkan kursi-kursi orisinal pabrikan seandainya ingin menggantinya lagi.

Toyota FJ40 Land Cruiser Hardtop Bekas Tom Hanks Dilelang

Interior Toyota Hardtop bekas Tom Hanks juga sudah dipasangkan pendingin ruangan (AC) tambahan. Terdapat pula head unit Sony dengan pengeras suara ekstra.

Seakan ingin total, Tom Hanks juga memodifikasi sektor dapur pacu. Mesin asli diganti dengan mesin GM Vortec V6 berkapasitas 4.3-liter yang sudah diinspeksi dan memenuhi standar emisi gas buang CARB.

Di dalam sistem penggeraknya terdapat sequential port injection dan mampu memuntahkan tenaga puncak 180 hp. Daya tersebut disalurkan menuju keempat roda melalui transmisi manual lima percepatan.

Gelontoran daya itu untuk era sekarang mungkin kurang terdengar istimewa. Tetap saja, jika dibandingkan mesin standar FJ40 Land Cruiser Hardtop tipe tertinggi di masanya, keluaran tenaga itu masih lebih besar 47 hp. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar