Begini Rasanya Nyetir Daihatsu Rocky 1.2 X CVT ADS, Enak Dibawa Santai

Review

Begini Rasanya Nyetir Daihatsu Rocky 1.2 X CVT ADS, Enak Dibawa Santai

KARAWANG – Kehadiran Daihatsu Rocky di Indonesia memang boleh dikatakan cukup ditunggu-tunggu masyarakat.

Sejak diluncurkan pertama kali di Indonesia pada April lalu, Daihatsu Rocky langsung menjadi salah satu pilihan utama bagi mereka yang sedang mencari SUV. Terlebih, Daihatsu Rocky telah dilengkapi dengan dua pilihan mesin dan transmisi CVT.

Meski Daihatsu Rocky 1.0L Turbo adalah yang pertama kali diluncurkan, Daihatsu Rocky 1.2L juga ternyata mendapatkan respons positif dari masyarakat. Bahkan saat ini Rocky 1.2L menyumbang sekira 48% dari total penjualan Daihatsu Rocky di Indonesia.

Daihatsu Rocky

Saat ini ada enam varian Rocky 1.2L yang ditawarkan oleh Daihatsu untuk konsumen di Indonesia, tiga di antaranya telah dibekali dengan transmisi otomatis jenis CVT.

Penasaran dengan performa mobil tersebut, kami pun langsung mencicipi Rocky 1.2L varian X CVT ADS di R&D Test Course - PT Astra Daihatsu Motor, Karawang Assembly Plant, Karawang Timur..

Melihat tampilan luarnya, jujur saja tidak banyak yang bisa dibahas, karena desain eksteriornya sama saja dengan versi 1.0L Turbo.

Saat duduk di kursi pengemudi, kami pun mencoba untuk mencari posisi terbaik dalam mengemudi. Untuk menemukan posisi mengemudi yang ideal cukup mudah, karena kursi bisa maju-mundur dan rebah-tegak. Sayangnya lingkar kemudi hanya bisa diatur naik-turun atau tilt steering.

Ruang kaki terbilang sedikit sempit khususnya dibagian kiri.

Setelah mendapatkan posisi duduk terbaik, kami pun mencoba membawa Rocky 1.2 X CVT ADS langsung kelintasan. Ada beberapa medan jalan yang bisa dimanfaatkan untuk mencoba performa mobil, salah satunya adalah jalan tidak rata.

Pada lintasan ini, suspensi Daihatsu Rocky 1.2 X CVT ADS terbilang cukup medium untuk meredam guncangan. Sementara saat mencoba di jalan sedikit kasar, hanya sedikit suara bising dari luar kendaraan yang masuk ke dalam kabin.

Saat di lintasan lurus, kami pun langsung memaksa mesin untuk bekerja maksimal dengan menekan pedal hingga habis. Suara mesin menderu dan mobil pun langsung melesat. Namun jujur saja, akselerasi mobil tidak secepat yang kami harapkan.

Penasaran dengan hal tersebut kami pun kembali memutari lintasan untuk mencoba metode berbeda. Pedal gas coba kami tekan secara perlahan dan hasilnya sangat berbeda. Pasalnya akselerasi mobil justru terasa lebih cepat dan sesuai dengan harapan kami. Ini menunjukkan bahwa, Daihatsu Rocky 1.2L memang cocok digunakan untuk berkendaran yang lebih santai.

Daihatsu Rocky juga memiliki kemampuan menanjak yang terbilang mumpuni. Hal ini ditunjukkan saat kami mencobanya di tanjakan dengan kemiringan 18 derajat, Daihatsu Rocky sangat mudah melahapnya. Bahkan saat harus berhenti di tengah-tengah tanjakan Rocky tidak menunjukkan kesulitan dalam mengatasinya. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar