BBM Beroktan Tinggi Asupan Penting untuk Mesin Kendaraan Masa Kini

Berita Otomotif

BBM Beroktan Tinggi Asupan Penting untuk Mesin Kendaraan Masa Kini

JAKARTA – Mobil dan motor pengguna mesin bakar yang beredar di pasaran saat ini membutuhkan Bahan Bakar Minyak (BBM) beroktan tinggi.

Hal ini dikarenakan mesin bakar modern saat ini telah mengaplikasikan tingkatan kompresi yang cukup tinggi. Untuk mencegah mesin mengalami masalah pada saat proses pembakaran, maka salah satu caranya menanggulanginya adalah dengan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi.

“Bahan bakar dengan oktan tinggi (minimal) menjadi salah satu parameter kualitasnya. Semakin tinggi nilai oktannya, maka semakin baik untuk mesin berkompresi tinggi. Mesin bakar yang digunakan pada kendaraan saat ini telah mengadopsi kompresi di atas 10:1, maka dibutuhkan BBM oktan tinggi,” ujar Iman K Reksowardojo, Ahli motor bakar Institut Teknologi Bandung (ITB) kepada Mobil123.com.

Ia menjelaskan mesin dengan nilai kompresi tinggi dirancang untuk mendapatkan bahan bakar berkualitas tinggi. BBM yang digunakan pada kendaraan dituntut agar bisa bertahan dari berbagai kondisi mesin.

“Bahan bakar dengan nilai oktan tinggi itu lebih kuat terhadap tekanan dan suhu mesin yang tinggi. Ini untuk mencegah bahan bakar terbakar sebelum terjadinya kompresi. Kesalahan dalam penggunaan BBM dapat membuat penurunan kemampuan hingga kerusakan pada mesin,” jelasnya kemudian.

Dosen ITB tersebut juga menjelaskan bahwa gejala awal dari penggunaan BBM yang nilai oktannya rendah, dapat menyebabkan knocking. Hal ini disebabkan oleh panas berlebih di dalam ruang bakar mesin.

Selain membuat mesin bekerja secara optimal, BBM beroktan tinggi juga dikatakan dapat berpengaruh pada efisiensi. Kandungan kimia yang terdapat pada bahan bakar jenis ini dapat membuat ruang bakar menjadi bersih.

“Ibarat tubuh manusia yang membutuhkan asupan bergizi selain nasi yang mengandung karbohidrat, lauk pauk dan sayuran juga diperlukan. Sama saja dengan mesin yang membutuhkan asupan 4 sehat 5 sempurna,” ungkap Iman.

Dikatakan bahwa BBM beroktan tinggi telah dilengkapi dengan zat aditif juga detergen untuk membersihkan mesin. Sehingga tidak hanya mendapatkan performa optimal, ruang bakar kendaraan juga lebih bersih dan tentunya ramah terhadap lingkungan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar