Banyak Pakai Komponen Lokal, Daihatsu Kuat Tahan Harga saat Rupiah Tertekan

Berita Otomotif

Banyak Pakai Komponen Lokal, Daihatsu Kuat Tahan Harga saat Rupiah Tertekan

JAKARTA – Daihatsu masih kuat menahan harga jual mobil-mobil mereka, meskipun kurs rupiah belakangan ini terus tertekan.

Selama berbulan-bulan, kurs rupiah sangat melemah dan bahkan sempat mepet ke Rp16 ribu per dollar AS. Terakhir, menurut Jakarta Interbank Spot Dollar Rate Bank Indonesia (Jisdor BI) per Jumat (24/11/2023), nilai tukar rupiah ada di level Rp15.587,00 per dollar AS.

Marketing and Corporate Planning Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani mengakui adanya pelemahan kurs rupiah yang cukup signifikan. Pengaruhnya kepada industri otomotif adalah meningkatnya biaya produksi.

Meski begitu, aku Agung, Daihatsu hingga saat ini belum melakukan penyesuaian harga.

harga Daihatsu

“Tidak semuanya (efek pelemahan kurs rupiah) langsung kami bebankan kepada para konsumen. Sejauh ini, kami masih mempertimbangkan bahwa konsumen-konsumen kami jauh lebih penting,” ujar Agung usai konferensi pers Daihatsu Indonesia Masters 2024 pada Senin (27/11/2023) di Jakarta.

Daihatsu, lanjutnya, terbantu dengan tingginya kandungan komponen lokal (tingkat komponen dalam negeri/TKDN) dari mobil-mobil yang diproduksi di Indonesia. Dengan begitu, mereka tidak terlalu tergantung dari bahan baku impor.

“Kami, kan, punya komponen lokal cukup tinggi dan cukup baik. Jadi, kami tidak semuanya bergantung pada material yang diimpor. Kebetulan, produk-produk kami punya komponen lokal cukup tinggi. Rata-rata sampai 80 persen, ya,” papar Agung.

harga Daihatsu

Sebagai informasi, Daihatsu punya beberapa pabrik mobil di Indonesia yang berlokasi di Sunter, Jakarta maupun Karawang, Jawa Barat. Total kapasitas produksi pabrik-pabrik itu mencapai 530 ribu unit per tahun.

Hampir semua model yang mereka jual di sini sudah diproduksi lokal. Dari sembilan model yang eksis, delapan di antaranya sudah buatan Indonesia.

Daftarnya terdiri dari Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Daihatsu Xenia, Daihatsu Luxio, Daihatsu Rocky, Daihatsu Sirion, Daihatsu Gran Max pikap, Daihatsu Gran Max minibus.

Satu model yang masih diimpor utuh (completely built up/CBU) adalah Daihatsu Sirion. City car ini masih didatangkan dari Malaysia. [Xan/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang