Ban Goodyear Pakai Silikon

Berita Otomotif

Ban Goodyear Pakai Silikon

AKRON - Goodyear Tire & Rubber Company akan menggunakan generasi terbaru silikon sebagai campuran bahan pembuatan ban untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar pada perfoma ban mereka. Silikon ini akan digunakan pertama kali pada ban Goodyear EfficientGrip SUV yang diluncurkan pada bulan ini di pasar Amerka Latin.

Goodyear bersama dengan PPG Industries menghabiskan waktu lebih dari 1 dekade untuk mempelajari efek penggunaan silikon pada perfoma ban. Tujuannya adalah untuk mengurangi rolling resistance tanpa mengurangi traksi saat kondisi jalan basah. Dan ban EffcientGrip SUV adalah jawabannya.

“Pelanggan kami di seluruh dunia menuntut ban yang mampu meningkatkan efisiensi bahan kabar, namun mampu meminimalkan gangguan yang biasa muncul di ban,” ungkap David Zanzig, Director of Global Materials Science for Goodyear. “Untuk itu kami membuat tim dengan beragam latar belakang pendidikan untuk menciptakan solusinya. Silikon terbaru ini pun menjadi hal paling vital dalam memenuhi kebutuhan konsumen kami.”

Silikon ini digunakan sebagai penguat dalam bahan dasar ban. Jika dibandingkan dengan karbon hitam yang biasa digunakan pada ban umumnya, silikon mampu mengurangi rolling resistance. Dengan rolling resistence yang rendah, maka bahan bakar ekonomi akan semakin hemat.

Selain itu, silikon ini juga memiliki keuntungan yang bermanfaat bagi lingkungan dalam pengolahannya. Ini dikarenakan silikon lebih mudah dicampurkan pada bahan baku lain, sehingga pabrik hanya membutuhkan energy yang sedikit dalam proses produksi ban dan juga mengurangi emisi gas buang. (Adi/Ikh)

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual