Autogas Indonesia Sodorkan Solusi Mobil Gas

Berita Otomotif

Autogas Indonesia Sodorkan Solusi Mobil Gas

TANGERANG – Mobil BBG (Bahan Bakar Gas) memang belum popular di Indonesia meski di era ‘90an Pemerintah pernah mendorong masyarakat menggunakannya.

Padahal jika mobil gas sudah banyak digunakan maka banyak keuntungan bisa diraih seperti subsidi BBM (Bahan Bakar Minyak), polusi udara akan turun drastis.

Di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, PT Autogas Indonesia menawarkan solusi mobil gas kepada masyarakat.

“Dengan menggunakan bahan bakar gas (BBG) maka biaya operasional mobil akan lebih hemat,” ujar Jonathan, salah satu petugas PT Autogas Indonesia, kepada Mobil123.com, ketika ditemui kemarin (17/8).

Menurutnya jarak tempuh mobil gas sama dengan mobil bensin namun karena harga bahan bakarnya lebih murah membuat ongkos operasional menjadi lebih murah. Harga 1 liter Vi-Gas Rp 5100 dan CNG (Compressed Natural Gas) sekitar Rp 3000.

Dia juga menjelaskan bahwa banyak keunggulan yang ditawarkan dari mobil gas seperti pembakaran lebih sempurna, memperpanjang umur mesin, suara mesin menjadi lebih halus dan bebas-knocking (tidak mengelitik), dan ramah lingkungan (tidak mengandung sulfur dan timbal).

Tekanan Vi-Gas dengan CNG di dalam tanki berbeda, masing-masing 8-12 bar dan 200 bar. Sama halnya dengan angka RON (Research Octane Number), di mana lebih dari 98 dan lebih dari 120.

Harga pemasangan Vi-Gas termasuk 8 komponen wajib (reducer, filter, injector rail, changeover switch, gas ECU, tanki, multivalve, serta LPG refuelling port) Rp 16,5 juta untuk varian toroidal tank (tangki gas berbentuk donat).

mobil gas

Waktu pemasangan Vi-Gas sekitar 6-8 jam di mobil-mobil Jepang dan hingga 2 hari di mobil-mobil Eropa.

Sementara harga pemasangan CNG berikut 8 komponen (reducer, filter, injector rail, changeover switch, gas ECU, tanki, CNG filling valve, serta cylinder valve) Rp 24 juta. Waktu pemasangan CNG sekitar 6-8 jam di mobil-mobil Jepang dan hingga 2 hari di mobil-mobil Eropa.

Jonathan menginformasikan bahwa pemasangan gas dapat menggugurkan garansi pabrik, namun sebagai gantinya PT Autogas Indonesia memberikan garansi berupa 1 tahun serta 2 kali servis gratis.

“Kami jamin tangki gas aman alias tidak meledak. Untuk servis berkala setiap 15 ribu kilometer,” kata Jonathan. [Idr] 

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual