ASEAN NCAP Telah Uji Tabrak 44 Model Kendaraan di Indonesia

Panduan Pembeli

ASEAN NCAP Telah Uji Tabrak 44 Model Kendaraan di Indonesia

JAKARTA – ASEAN NCAP mengatakan telah menguji tabrak 44 model kendaraan yang beredar di Indonesia.

Hal ini dilakukan oleh ASEAN New Car Assessment Proggrame (NCAP) sejak 2011. Dikatakan bahwa 90 persen mobil baru yang dipasarkan di Tanah Air, telah membuktikan sebagai kendaraan yang aman bagi pengendara, penumpang baik dewasa maupun anak-anak. Meskipun tidak semua hasil tes mendapatkan nilai yang baik.

“Kami hadir di ASEAN khususnya untuk memberitahukan kepada publik tentang pentingnya keselamatan di kendaraan. Kami juga mendorong produsen untuk menghadirkan kendaraan yang lebih aman. Kualitas kendaraan semakin membaik sejak lima tahun silam. Hal ini terjadi di seluruh dunia termasuk Asia,” ucap Jessica Truong, Programmes Director & Asia Pacific Coordinator Global NCAP di Karawang, Selasa (13 November 2018).

Menurutnya masalah keselamatan menjadi kewajiban semua pabrikan mobil maupun motor di seluruh dunia. Dikatakan bahwa pabrikan kendaraan di beberapa negara sudah menerapkan keamanan yang mumpuni, maka untuk pasar Asia juga menirunya.

“Jika Amerika dan Australia bisa bikin mobil yang aman, maka tidak ada alasan bagi pabrikan di Asia melakukan hal yang sama,” jelas Jessica kemudian.

ASEAN NCAP merupakan bagian penting dari Global NCAP. Badan yang menguji tingkat keamanan sebuah kendaraan khususnya di wilayah ASEAN ini adalah program kesembilan di dunia. Pada 2017, ASEAN NCAP telah menguji lebih dari 30 model dari 23 merek kendaraan.

“Untuk pasar Indonesia kami telah menguji 90 persen kendaraan yang beredar. Sebanyak 44 model telah kami lakukan uji tabrak secara komprehensif. Seluruh kendaraan yang kami uji berdasarkan volume penjualan terbanyak dari model tersebut,” kata Salina Mustafa, Communication Officer ASEAN NCAP. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support