Peminat Uji Emisi Membludak, Bengkel Motor Kewalahan

Berita Otomotif

Peminat Uji Emisi Membludak, Bengkel Motor Kewalahan

JAKARTA - Meskipun penerapan tilang untuk kendaraan bermotor yang belum lulus uji emisi ditunda, namun peminat uji emisi motor justru membludak.

Pilihan bengkel yang sudah dilengkapi dengan peralatan uji emisi sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah peredaran motor di wilayah DKI Jakarta. 

Menurut Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta, jumlah pengendara motor di Ibu Kota mencapai lebih dari 16 juta unit.

Salah satu bengkel motor di Jakarta yang menerima uji emisi adalah Planet Ban Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Setiap harinya bengkel tersebut harus melayani puluhan pengguna sepeda motor yang ingin melakukan uji emisi. 

“Karena permintaan uji emisi cukup tinggi mulai dari minggu kemarin, kami membuat kuota 40 motor dalam satu hari,” ujar Ruri Mabruri, Service Development Planet Ban Kebon Jeruk.

“Bahkan sebelum bengkel buka sudah banyak pemilik motor mengantre untuk uji emisi. Padahal sebenarnya ada dua tempat pengujian, satu di Samsat dan satu lagi di bengkel kita. Tapi di sini kan lebih mudah diakses dan buka setiap hari, jadinya banyak konsumen ke sini,” sambung Ruri.

Ke depannya, pihak bengkel akan menerapkan pendaftaran melalui online untuk menghindari kerumunan. Sementara ini, mereka melakukan pembatasan jumlah sepeda motor yang akan menjalankan uji emisi. 

Sebagai informasi, saat ini hanya tersedia 15 bengkel dan kios pelaksana uji emisi sepeda motor di DKI Jakarta. (AP/)




Berita Utama


Komentar