Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Test Drive All New Daihatsu Ayla: Konsumsi BBM di Dalam Kota Terungkap

Review

Test Drive All New Daihatsu Ayla: Konsumsi BBM di Dalam Kota Terungkap

YOGYAKARTA – Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) All New Daihatsu Ayla dalam kondisi riil terungkap, dalam uji kendara (test drive) selama beberapa hari di perkotaan Yogyakarta.

Mencari tahu seberapa irit All New Ayla menjadi target utama Mobil123.com, ketika memulai test drive bersama 28 rekan media lainnya pada 11-13 Mei 2023 di ‘Kota Pelajar’.

Pasalnya, city car ini berstatus low cost green car (LCGC), kategori mobil termurah di Indonesia yang banyak menjadi incaran para pembeli mobil pertama yang masih luar biasa peduli terhadap aspek biaya operasional.

All New Daihatsu Ayla 2023

All New Ayla sendiri baru saja mengaspal dalam Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, Maret kemarin.

Rentang harganya, per Mei 2023 menurut situs resmi Daihatsu, ada di Rp134-189,9 juta on the road (OTR) Jakarta.

Konsumsi BBM All New Daihatsu Ayla dengan Banyak Bawaan

All New Daihatsu Ayla 2023

Selama test drive, seluruh pewarta diberikan All New Ayla tipe tertinggi, 1.2 R CVT ADS, dengan harga Rp189,9 juta OTR Jakarta.

Mobil yang Mobil123.com tumpangi diisi empat koper, empat tas ransel, satu dus air mineral, dan empat orang dewasa.

Perjalanan dengan All New Ayla langsung dimulai tak lama setelah mendarat di Bandara International Yogyakarta, dengan total jarak perjalanan lebih dari 150 km.

Rombongan juga sempat menyambangi daerah dataran tinggi Kaliurang yang tentu saja sangat menguji keiritan BBM-nya.

Konsumsi BBM All New Daihatsu Ayla 2023

Selama dua hari pertama, mobil secara bergantian dikendarai oleh empat orang dengan gaya mengemudi masing-masing.

Rata-rata konsumsi BBM tertinggi menurut Multi Information Display (MID) adalah 13,9 km per liter, sedangkan pada akhir hari kedua angkanya menjadi 13,4 km per liter.

Pada hari terakhir, perjalanan dilakukan dengan sopir dari Daihatsu dan kami tidak lagi melihat konsumsi BBM rata-ratanya.

Reviu Berkendara All New Daihatsu Ayla

All New Daihatsu Ayla 2023

Konsumsi BBM All New Ayla yang hemat tidak mengorbankan rasa berkendaranya. Tarikannya dalam kondisi stop and go relatif sigap, sehingga mobil tidak gampang disalip kendaraan lain.

Tarikan pada putaran mesin bawahnya pun cenderung responsif, tetapi saat pengemudi melakukan kickdown, reaksinya agak lama. Untungnya, jika mau akselerasinya lebih tanggap pada putaran tengah maupun atas, ada pilihan transmisi ‘S’ pada tipe CVT.

Terdapat pula transmisi ‘B’ untuk memberikan efek engine brake yang mulus di jalan menurun.

Menurut Research and Development Product Planning Division Head PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, konsumsi BBM yang hemat tanpa mengorbankan rasa berkendara pada All New Ayla adalah hasil kombinasi dari berbagai faktor.

Itu semua berkat platform baru DNGA (Daihatsu New Global Architecture); mesin anyar WA-VE DOHC, Dual VVT-i, 1.198 cc, 3 silinder segaris, 12 katup berdaya 88 ps serta torsi i113 Nm; plus transmisi D-CVT.

Fitur Mentereng All New Daihatsu Ayla

Interior All New Daihatsu Ayla 2023

Kelebihan lain All New Ayla yang Mobil123.com rasakan dalam test drive adalah fiturnya yang melimpah. Apalagi untuk ukuran sebuah LCGC yang tak sampai Rp200 juta di Ibu Kota.

Fitur standar untuk semua variannya (1.0 M, 1.0 X, 1.2 R) adalah Dual SRS Airbag dan bagasi lega (muat empat koper ukuran sedang).

Mulai 1.0 X tipe CVT, diberikanlah Meter Cluster with MID, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS)+Electronic Brakeforce Distribution (EBD) maupun Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Pada All New Ayla 1.2 R, daftar fiturnya ditambahkan dengan Tilt Steering, Push-Start Button, Digital AC, Keyless Entry, LED Headlamp, Head Unit 7 Inch with Android Auto and Apple Carplay.

Jika mau lebih paripurna, ada lagi opsi tipe ADS (Astra Daihatsu Styling). Konsumen akan mendapatkan aksesori lebih lengkap sekaligus fitur LED Daytime Running Light (DRL), Rear Camera untuk yang 1.2 R.

Adapun opsi ADS untuk 1.0 X mendapatkan 2-Din Audio with CD.

Interior All New Daihatsu Ayla 2023

Jikapun terdapat catatan untuk peningkatan lebih lanjut adalah headrest yang masih menyatu dengan jok, baik di baris pertama maupun kedua.

Apalagi, head rest baris kedua sangat pendek sehingga melelahkan kepala orang dewasa.

Tapi, aku Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, head rest menyambung yang pendek untuk penumpang belakang adalah hasil riset mereka terkait para konsumen yang kebanyakan adalah keluarga baru dengan anak yang masih kecil. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang