Alasan Lexus Masih Impor Mobil dari Jepang, Tak Rakit di Pabrik Toyota Indonesia

Berita Otomotif

Alasan Lexus Masih Impor Mobil dari Jepang, Tak Rakit di Pabrik Toyota Indonesia

JAKARTA – Lexus untuk saat ini tidak bisa melakukan perakitan lokal di pabrik Toyota di Indonesia, meskipun sama-sama satu grup.

Lexus merupakan merek mobil premium yang berada di bawah grup Toyota.

Meski Toyota sudah memiliki pabrik sendiri di Tanah Air melalui PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Lexus masih mengimpor utuh (completely built up/CBU) seluruh model yang mereka pasarkan di negara ini dari Jepang.

Padahal, TMMIN tercatat memiliki total empat pabrik mobil serta komponen di Sunter dan Karawang. Total kapasitas produksi mobil per tahunnya mencapai 320 ribu unit.

Menurut General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma, ada dua alasan utama kenapa mereka belum melakukan perakitan lokal.

Lexus UX 300e

Pertama terkait dengan skala ekonomi. Volume penjualan Lexus di Tanah Air ia sebut belum masuk hitungan untuk melakukan produksi di dalam negeri.

“Pertama, pasarnya kami sendiri di Indonesia masih belum besar,” tandas dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com di sela-sela peluncuran All New Lexus RX, 21 Februari 2023 kemarin di Jakarta.

Penyebab kedua ialah besarnya investasi yang mesti digelontorkan untuk merakit Lexus di pabrik Toyota Indonesia. Ini karena teknologi pembuatan Lexus dan Toyota berbeda kelas.

“Teknologi untuk membuat Lexus ini berbeda dengan Toyota. Dengan level teknologi tersebut, perlu banyak sekali penyesuaian di pabrik Toyota di Indonesia yang sekarang, sehingga kami tidak bisa dengan mudah mentransfer atau mengubah lini produksi di sana menjadi lini produksi Lexus,” papar dia.

Lexus LM

Secara garis besar, pesaing BMW dan Mercedes-Benz tersebut menjual delapan model di pasar mobil mewah Indonesia.

Di segmen sport utility vehicle (SUV), mereka memiliki Lexus UX, Lexus NX, Lexus RX, dan Lexus LX.

Lalu, di segmen multi purpose vehicle (MPV), ada Lexus LM. Segmen sedan diisi oleh Lexus ES dan Lexus LS.

Mereka juga punya satu mobil sport melalui Lexus LC.

Bicara penjualan, Lexus tahun lalu menjual tepat 1.000 unit. Volume itu sama persis dengan raihan pada tahun sebelumnya. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang