AirTender Saingi Ohlins Redam Buasnya Honda CRF1100 Africa Twin 2020

Berita Otomotif

AirTender Saingi Ohlins Redam Buasnya Honda CRF1100 Africa Twin 2020

FOLIGNO – Umbria Kinetics merilis AirTender yang dikembangkan untuk meredam buasnya new CRF1100 Honda Africa Twin 2020.

Sebagai produsen suspensi, Umbria Kinetics dipaksa untuk melawan para raksasa otomotif di bidang yang sama. Sebut saja Ohlins yang kerap menjadi andalan para pembalap hingga para biker jalanan pada umumnya. Dari Asia, Showa selain menjadi produk OEM Honda Jepang, juga menawarkan suspensi dengan performa mengagumkan.

Produsen suspensi asal Foligno, Italia ini sebelumnya telah bekerja sama dengan Honda Motor Europe Ltd, dalam menghadirkan suspensi belakang Africa Twin 1000 lansiran 2016 – 2019. Untuk CRF1100 Africa Twin 2020, AirTender menantang Ohlins dan Show dalam menghadirkan suspensi belakang nan mumpuni.

Hadir sebagai produk aftermarket, AirTender menggunakan per dengan ukuran yang sama dengan pabrikan (Showa). Namun panjangnya disunat sedikit dan coilnya dibuat lebih stiff atau kaku. Ini dilakukan untuk meredam buasnya pergerakan ekor dari CRF1100 Africa Twin 2020.

Suspensi yang lebih rigid, AirTender tidak menyediakan pengaturan preload. Selain itu, alat peredam kejut ini juga telah dibuat statis, meskipun tetap menyediakan pengaturan. Namun perangkat ini diklaim mampu memenuhi para penggunanya dalam bermanuver, berakselerasi dengan lebih halus dan memberikan kenyamanan dalam berkendara tentunya.

Secara terpisah, AirTender dikatakan mampu meredam bodi kendaraan saat melintasi jalan berbatu. Kendaraan juga dikatakan tetap stabil meskipun saat menghantam benjolan jalan. Intinya meskipun melewati jalan berbatu paling kasar sekalipun, motor tetap nyaman dikendarai dan dikuasai.

AirTender memiliki sekrup yang bisa digunakan untuk mengontrol mekanisme hidrolik. Kompresi gas yang bertugas meredam guncangan atau saat kendaraan memuat beban lebih berat, dapat diatur agar kendaraan tetap nyaman.

AirTender full system dipasarkan dengan harga Rp 28 jutaan. Namun jika konsumen menginginkan suspensi AirTender dengan kualitas OEM Honda yakni Showa maharnya senilai Rp 19 jutaan. Konsumen bisa memiliki suspensi ini di dealer-dealer Honda Eropa dan jaringannya. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar