Airbus Kembangkan Taksi Terbang Otonom

Berita Otomotif

Airbus Kembangkan Taksi Terbang Otonom

​SILICON VALLEY – Manufacture Pesawat terbang tidak mau ketinggalan dengan manufacture mobil. Jika kini marak mobil otonom diciptakan, Airbus baru-baru ini mengumumkan sedang mengembangkan pesawat otonom.

Airbus menamakan pesawat prototype otonom bertenaga listrik ini dengan nama Vahana yang dalam mitologi Hindu adalah kendaraan salah satu dewa. Kendaraan ini sendiri dikembangkan khusus oleh anak perusahaan Airbus bernama A3 yang bermarkas di Silicon Valley, Amerika Serikat

Dari gambar yang dilansir, Vahana dibuat dengan bentuk kompak dan kokpit dapat menampung satu orang. Modelnya modern, dilengkapi dengan 8 propeler, 4 buah di depan kokpit dan 4 lainnya berada di atasnya. Dan akan dipergunakan untuk transportasi jarak dekat atau dalam perkotaan atau self flying taxi.

“Dengan teknologi otonom kami dapat membuat pesawat kecil dan bobot ringan. Dan ini akan menjadi moda transportasi modern, berjalan di kota-kota besar secara vertikal,” jelas CEO Airbus, Rodin Lyasoff.

A3 berharap pengembangan secara lengkap dari Vahana akan selesai pada akhir 2017 dan selanjutnya siap terbang. Sayangnya demonstrasi terbang yang sesungguhnya baru akan dilakukan pada tahun 2020.

“Semua tentunya butuh proses panjang, ini merupakan terobosan. Akan ada regulasi baru berikut dengan sertifikasi yang harus dikaji mendalam. Jika mobil otonom saja memiliki banyak regulasi, pesawat terbang otonom tentunya akan lebih kompleks karena memiliki resiko lebih besar,” jelas Rodin

Keselamatan penumpang adalah hal krusial pada pengembangan Vahana. Penumpang akan 100 persen pasrah pada seluruh sistem yang ada pada pesawat. A3 sendiri baru menyebutkan bahwa Vahana memiliki onboard parasut, dapat bekerja pada beragam ketinggian. Jika ada masalah dengan pesawat berikut dengan sistemnya, nyawa penumpang akan sangat bergantung pada fitur ini. 

Sampai saat ini belum terbayang bagaimana jika moda transportasi pesawat otonom benar-benar populer di dunia. Lalu lintas udara tentunya akan ramai, kalangan atas akan memanfaatkannya untuk berpindah-pindah gedung pada jam padat demi menghindari kemacetan di jalan. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual