5 Kelebihan Honda Vario 125 Gen 1, Skutik Honda yang Paling Bandel

Panduan Pembeli

5 Kelebihan Honda Vario 125 Gen 1, Skutik Honda yang Paling Bandel

Honda untuk saat ini jadi brand sepeda motor yang merajai penjualan skuter matic. Salah satu model yang sukses karena kehandalannya ialah Honda Vario 125 generasi pertama. Diluncurkan pertama kali pada 2012, skuter ini masih populer hingga sekarang.

Honda Vario 125 merupakan salah satu motor matic yang andal dari sisi durabilitas, tenaga, dan fitur. Terlebih, skutik ini sudah di lengkapi teknologi injeksi, dan juga kapasitas mesin yang cukup besar gede di angka 125 cc.

Motor yang dirilis tahun 2012 hingga 2015 ini, harga bekasnya masih cukup mahal, yakni di kisaran harga Rp7 jutaan untuk keluaran 2014.

Berbekal mesin yang kapasitasnya lebih besar dari Vario 110 karburator, ternyata konsumsi BBM di Vario 125  bisa irit bahan bakar 37%. Itulah mengapa dengan usia yang kini mencapai sembilan tahun, Vario 125 masih banyak diandalkan masyarakat, mulai dari dipakai kerja hingga untuk motor ojek online. 

Apa saja hal menarik dari sosok Vario 125 ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Desain Honda Vario 125 yang Belum Usang

Pajak Motor Vario 125 Tahun 2019 - Homecare24Aspek desain menjadi pertimbangan bagi kebanyakan calon pembeli. Meskipun usianya sudah cukup lawas, tapi desain Honda Vario 125 belum usang. Skuter ini memiliki desain yang modern dan sporty, membuatnya tetap terlihat stylish. 

Desainnya agak bongsor dengan sudut serba lancip, dengan headlamp berjumlah dua buah. Bila dibanding motor keluaran baru di 2023, desain seperti ini masih relevan.

Kalaupun ada yang sudah terlihat lawas hanyalah pada headlamp dan lampu belakang yang masih bohlam halogen. Ini bisa disiasati dengan mengganti bohlam dengan lampu LED yang banyak tersedia di pasaran.

Desainnya pun modif-able dengan berbagai aliran, seperti racing look, touring look, hingga modifikasi minimalis dengan tema elegan. 

2, Teknologi Mesin yang Sudah Canggih

Bissmillah dijual motor Honda Vario 125 CC 2014 istimewa

Honda Vario 125 dibekali mesin 124,8 cc dengan kompresi 11,0:1. Tenaga yang dihasilkan sebesar 11.3 PS / 8.500 rpm dan torsi  10,79 Nm / 5.000 rpm

Mesin yang digunakan pada Vario generasi pertama ini juga masih cukup perkasa untuk digunakan berkendara sehari-hari. Teknologinya juga cukup maju, karena mengadopsi beberapa fitur turunan PCX 125.

Honda Vario 125 menjadi skutik non premium yang mengusung konsep teknologi Enhanced Smart Power (ESP) engine. Tak cuma itu, Honda Vario ini juga mengusung starter ACG.

Pada ACG starter tak ada lagi dinamo starter konvensional serta mekanisme gigi penggeraknya, hingga sistem menyalakan mesin jadi lebih halus, sehingga proses menyalakan mesin tak lagi muncul suara "geretak". 

Lebih lanjut, Vario Techno 125 ini telah dibekali fitur Idling Stop System (ISS) yang bakal mati untuk jangka waktu sementara ketika motor ini berhenti untuk waktu kira-kira 3 detik.

Adanya fitur ISS ini diklaim AHM bisa bikin motor Honda jadi makin ramah lingkungan serta lebih irit bahan bakar 7% dibanding dengan Honda Vario 125 non ISS. 

3. Honda Vario 125 Punya Ruang Penyimpanan yang Besar

Half Face Helmet in Honda Vario Techno 125 PGM-FI Baggage | Flickr

Motor matic disukai masyarakat karena memiliki dek rata untuk penyimpanan barang yang berukuran cukup besar. Selain itu, di balik joknya juga terdapat kompartemen penyimpanan yang tak kalah luas.

Pada Vario 125 generasi pertama punya ruang kaki yang lebih luas dibandingkan generasi setelahnya yang muncul tahun 2016. Bagian dek Vario 125 gen 1 bisa untuk membawa galon air mineral.

Ini membuat pengendara cukup leluasa untuk pergerakan kaki, sedangkan Vario 125 generasi kedua alias Vario LED desain leg shield-nya menjorok ke dalam sehingga sering mentok ke lutut.

Kemudian, bagasi Honda Vario 125 ini memiliki ukuran mencapai 18 liter. Kapasitas segini cukup besar untuk menampung satu unit helm model full face atau half face.

Bagasi ini bisa dimanfaatkan menyimpan tas selempang ditambah jas hujannya. Saat digunakanberbelanja, Honda Vario 125 sangat memudahkan untuk membawa barang belanjaan yang cukup banyak, sebagian disimpan di bagasi dan sisanya digantung di hook depan.

4. Harga Jual Kembali Masih Oke

VARIO 125 2013, FREE  BBN, PJK 12 2024, SS KUMPLIT, GRESS TERAWATHonda Vario 125 generasi pertama ini usianya sudah lebih dari 10 tahun sejak diluncurkan pada 2012. Namun demikian, harga bekasnya masih cukup tinggi karena banyak diminati masyarakat.

Berdasarkan penelusuran kami, harga termurah Honda Vario 125 bekas mulai dari Rp7 juta untuk keluaran 2014. Sementara itu, harga termahal skutik ini mencapai Rp13 juta untuk kondisi yang paling bagus.

Masyarakat kini sudah semakin pintar dalam mengetahui kualitas produk sepeda motor. Meskipun keluaran Honda tapi bila kualitasnya kurang oke maka harga jualnya cenderung anjlok. 

Pada kasus Vario 125, skutik ini punya kombinasi yang ideal untuk kendaraan perkotaan. Mulai dari mesin yang tenaganya oke, sistem pengereman yang pakem, fitur yang beragam, hingga kualitas cat dan bodi plastiknya yang kuat. 

5. Sistem Pengereman Didukung CBS

Yang Kurasakan Dari All New Honda Vario Techno 125 PGM-FI…!!! | Safety  First !!!Honda Vario 125 punya kemampuan pengereman yang bagus. Ini karena Honda membekalinya dengan fitur combi brake system. Cukup menarik tuas rem sebelah kiri agak dalam, maka kedua rem bakal langsung bekerja bersamaan.

Kemampuan remnya juga cukup pakem, sehingga kita tidak harus menggunakan tuas sebelah kanan atau rem depan. Tuas rem kanan hanya kita gunakan saat butuh pengereman maksimal saat rem mendadak.  

Kesimpulan

Honda Vario 125 pilihan yang sangat tepat sebagai kendaraan sehari-hari. Untuk ukuran motor berusia 10 tahun, Vario 125 tidak rewel, cukup irit dan tenaga selalu mengisi dengan takaran yang pas. Tenaga dari mesin 125cc terbilang mumpuni, dan memiliki akselerasi yang cukup baik untuk perjalanan sehari-hari.



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang