5 Kelebihan Honda CR-V Kura-Kura, Umur Boleh Tua Penampilan Gak Kalah Sama yang Muda

Mobil Bekas

5 Kelebihan Honda CR-V Kura-Kura, Umur Boleh Tua Penampilan Gak Kalah Sama yang Muda

Honda CR-V kini telah memasuki generasi keenam. Dari generasi ke generasi, Honda CR-V senantiasa menampilkan kesan prestisius dari sebuah SUV medium. Bagi kalian yang ingin punya Honda CR-V dengan budget Rp100 jutaan tapi tidak terlalu tua, Honda CR-V generasi ketiga  menarik untuk dimiliki.

Honda CR-V Gen 3 diproduksi pada kurun waktu antara 2007 sampai 2012. Generasi ini menawarkan dua jenis pilihan mesin yakni mesin berkapasitas 2.0L dan 2.4L dengan teknologi i-VTEC.

Mobil yang dijuluki sebagai CR-V kura-kura ini memiliki desain  unik, stylish, dengan tenaga yang lumayan besar. Walau usianya sudah di atas 15 tahun, pesona Honda CR-V RE tetap memikat. 

2

Pada generasi ini juga ban serepnya sudah tidak lagi tergantung di pintu belakang seperti konde. Penyimpanannya dibuat tersembunyi agar tampil rapi dan sleek. 

Sebutan kura-kura di CR-V RE muncul karena desain pilar C yang bulat mengerucut ke belakang. Desain atapnya pun agak cembung sehingga mirip sebagai cangkang kura-kura. 

Berikut ini kami rangkum lima hal menarik yang membuat Honda CR-V kura-kura cocok sebagai SUV harian untuk kalian.

1. Desain yang Stylish dan Belum Usang

1

Aspek pertama yang kami soroti sebagai suatu kelebihan di Honda CR-V kura-kura ialah desainnya yang tetap modis untuk SUV berusia 15 tahun. Honda pun melakukan banyak improvement pada generasi ketiga ini. Wujud CR-V berubah jadi SUV urban yang lebih kalem dan bergaya elegan dan mewah.

Pada bagian depan terpampang grill yang dilapisi dengan aksen chrome ditambah projectoer headlamp yang berfungsi untuk memberika penerangan saat malam hari. Pada sisi belakang tampil modern tanpa ban serep sehingga membuat CR-V kura-kura jadi sebuah SUV urban alias SUV untuk ke mall.

Pada tahun 2010, Honda CRV Gen 3 mendapatkan facelift pada eksterior dan interior. Grill didesain ulang dengan kisi-kisi krom horizontal baru dan gril depan bawah berdesain sarang lebah, bumper depan baru, dan lampu belakang yang direvisi. Desain foglamp juga di yang jadi oval pipih.

2. Handling Honda CR-V Kura-Kura, Presisi Ala Sedan

1

Kelebihan berikutnya yang bisa kalian jadikan pertimbangan untuk beli CR-V kura-kura ialah soal handling. Pengendalian CR-V generasi ketiga ini patut diacungi jempol.

Handling CR-V gen 3 dijamin nyaman dan lebih optimal karena minim limbung dan manuvernya cukup presisi. Honda mengubah titik berat yang lebih rendah 35 mm dari pendahulunya, dan ada penambahan jarak roda depan 30 mm dan belakang 20 mm. Ubahan geometri tadi kian meningkatkan stabilitas CR-V terbaru. 

Lebih lanjut, Honda CR-V 2.4 masih memakai power steering hidrolik sedangkan CR-V 2.0 sudah lebih modern memakai EPS. Kemudian, sistem suspensinya pada bagian depan memakai jenis Front McPherson strut independen, dan bagian belakang independent double wishbone.

Hasilnya, putaran kemudi jadi kian akurat dan ringan dengan traksi ban terasa makin mencengkram. Untuk dipacu pada kecepatan tinggi tetap stabil dan disebut mirip seperti sedan. 

3. Spesifikasi Mesin yang Tenaganya Oke dan Transmisinya Bandel

5

Honda CR-V Gen 3 menawarkan dua jenis pilihan mesin yakni mesin berkapasitas 2.0L dan 2.4L dengan teknologi i-VTEC. Honda  CR-V 2.0 dibekali mesin R20A i-VTEC SOHC dengan output sebesar 150 PS/6000 rpm dengan torsi 197 Nm/4200 rpm. Pada varian ini tersedia dalam dua pilihan transmisi yakni otomatis 6-percepatan dan manual 5-percepatan.

Kemudian untuk varian 2.4 liter didukung mesin berkode K24Z i-VTEC DOHC, yang menghasilkan tenaga hingga 170 PS/5800 rpm dan torsi 231 Nm/4200 rpm. Untuk tipe ini, hanya tersedia pilihan transmisi otomatis saja. 

Sebagai informasi, Honda CR-V generasi ketiga memiliki jenis transmisi AT konvensional yang lebih tangguh ketimbang matic CVT. Jenis transmisi ini hanya mensyaratkan ganti oli matic secara rutin untuk perawatannya.

4. Interior Luas dengan Fitur Modern

3

Pertimbangan lain memilih Honda CR-V kura-kura sebagai mobil harian karena interiornya yang luas dengan fitur modern. Tak cuma itu, aksen interiornya juga mempertahankan kemewahan sebuah SUV medium.

Kabin yang luas ini disebabkan karena CR-V generasi ketiga yang masuk ke Indonesia hanya tersedia dalam varian penggerak roda depan. Ini membuat lantainya relatif rata, dan pada baris pertama tidak memiliki konsol tengah, sehingga memberikan kesan lega.

Kenyamanan di CR-V bisa disetarakan seperti MPV, karena desain dashboard yang juga menyatu dengan tuas transmisi seperti pada Freed. Interiornya cukup mewah dengan memadukan warna kuning gading dan abu-abu, yang dipercantik wood panel di dashboard. 

4

Untuk hiburan, terpampang head unit berukuran 9 inci di tengah-tengah dashboard. AC dual zone memakai panel digital dengan kombinasi knob untuk pengaturan suhu. Kemudian pada sisi pengemudi telah dilengkapi panel MID untuk informasi terkini dari kendaraan.

Hanya saja pada CR-V 2.0 fiturnya cukup sederhana, hanya tersedia head unit single DIN untuk memutar keping MP3 dan DVD, serta minus AC digital dan jok kulit.

5. Harga Pasaran Makin Bersahabat

9Honda CR-V generasi ketiga atau yang sering disebut CR-V kura-kura kini harga bekasnya cukup terjangkau, dan bersaing dengan mobil LCGC. Honda CR-V generasi tiga di pasar mobil bekas cenderung memiliki harga yang stabil.

Berikut ini harga pasaran CR-V Kura-kura berdasarkan tahun rilisnya dikutip dari Mobil123:

  • Honda CR-V 2008 Rp105 juta sampai Rp155 juta
  • Honda CR-V 2009 Rp120 juta sampai Rp140 juta
  • Honda CR-V 2010 Rp109 juta sampai Rp169 juta
  • Honda CR-V 2011 Rp110 juta sampai Rp175 juta
  • Honda CR-V 2012 Rp135 juta sampai Rp170 juta

(YS)

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang