Rekomendasi Mobil Bekas Murah Buat Mahasiswa, Mulai Rp60 Jutaan!

Mobil Bekas

Rekomendasi Mobil Bekas Murah Buat Mahasiswa, Mulai Rp60 Jutaan!

Mobil bekas murah yang cocok bagi para mahasiswa bisa terdiri dari berbagai macam jenis maupun segmen. Tapi, ada model – model rekomendasi Mobil123.com yang mungkin sangat cocok bagi mereka.

Kebutuhan mobil para mahasiswa tentu saja berbeda dengan profil konsumen lain seperti pekerja atau pun orang yang sudah berkeluarga. Karena itu, preferensi mereka bisa berbeda daripada yang lainnya.

Berikut ini Mobil123.com rekomendasikan mobil bekas yang cocok bagi kalangan mahasiswa. Ada empat aspek yang melatarbelakangi pilihan redaksi yaitu desain stylish, dimensi yang kompak, fitur mencukupi, plus harga terjangkau.

Pada artikel kali ini, pilihan difokuskan pada mobil - mobil bekas berjenis city car. Ada yang harganya dimulai dari Rp60 jutaan saja.

  1. Honda Brio Bekas (Mulai Rp80 Jutaan)

Honda, di Indonesia, terkenal dengan garis desain sporty pada semua model mereka. Honda Brio, dengan bodinya yang kompak, pun menjadi rekomendasi pertama mengenai mobil bekas yang cocok bagi mahasiswa.

Brio generasi pertama hadir di Indonesia pada 2012 dengan mesin bensin 1.3-liter. Setahun kemudian, varian diperluas dengan munculnya mesin bensin 1.2-liter.

Selain transmisi manual lima percepatan, ada pula otomatis lima percepatan.

Sejak 2013, ada pula varian Brio Satya yang masuk ke segmen low cost green car (LCGC) berinsentif pajak. Adapun mesinnya ialah bensin 1.2-liter.

Honda Brio Bekas

Pada 2016, muncul versi facelift. Opsi varian dirombak.

Varian RS mulai hadir. Lampu depan sudah LED dan ada Day-time Running Light.

Mesin disamaratakan yaitu 1.2-liter saja untuk semuanya. Ubahan lain adalah transmisi otomatis yang kini berteknologi Continuously Variable Timing (CVT).

Sejak 2018, Brio generasi kedua mengaspal. Desainnya menjadi jauh lebih gahar dan buritan tidak lagi terdiri dari mayoritas kaca.

Mesin masih 1.2-liter, tapi mendapatkan penyempurnaan. Dimensi sedikit diperbesar, demikian pula dengan kapasitas bagasi.

Honda Brio generasi kedua

Varian terkini untuk Brio Satya adalah S dan E, baik manual maupun transmisi CVT. Brio non-LCGC hanya tersedia dalam varian RS (manual dan otomatis CVT).

Fitur – fitur di Brio generasi pertama memang masih amat minim. Head Unitnya saja masih Single Din atau Double Din.

Tapi, setidaknya Head Unit sudah mampu memfasilitasi pengguna iPod atau iPhone meski masih perlu dihubungkan dengan kabel USB. Kaca sudah pakai Power Window.

Fitur keselamatan Brio generasi pertama cukup oke pula. Sudah ada dua SRS Airbag, sistem pengereman ABS + EBD, Three Pointed Seatbelt di depan dan belakang.

Brio generasi kedua tak hanya berdesain yang makin kental nuansa sporty. Fitur – fitunya pun lebih lengkap.

Tipe termurah antara lain sudah ada Keyles Entry, meski pun LCGC. AC sudah Digital dan ada Electric Outer Mirror, Auto Wiper plus Rain Sensor, Immobilizer, ISOFIX and Tether.

Jika sanggup membeli Brio RS bekas yang generasi kedua, kelengkapan makin mantap. Sebut saja pelek 15 inci dan Head Unit layar sentuh 6,2 inci.

Soal harga, Brio bekas amat terjangkau. Kisarannya, jika menilik 1.853 iklan Brio bekas di Mobil123.com sejauh ini, dimulai dari puluhan juta rupiah saja.

Harga Brio bekas termurah ketika artikel ini dibuat adalah Rp82 juta. Unit berasal dari tahun produksi 2014.

Sementara, harga Brio bekas termahal sementara ini Rp187,5 juta. Unit merupakan rakitan 2020 alias baru berusia sekitar setahun dan tipenya adalah RS CVT.

  1. Suzuki Ignis Bekas (Rp100 jutaan)

Bicara city car stylish berharga terjangkau, kurang lengkap rasanya jika tak menyinggung Suzuki Ignis.

Ignis pertama kali meluncur pada 2017 di Indonesia. Meski merupakan city car, Suzuki menyebutnya sebagai ‘mini crossover’.

Sebutan itu bisa jadi merupakan gambaran Suzuki untuk desainnya yang maskulin dan memang menyerupai crossover—meski model ini tetap sebuah city car. Satu di antara sekian ciri khas desainnya adalah tiga lekukan pada sisi samping-belakang bodi yang menyerupai sirip hiu.

Suzuki Ignis Bekas

Suzuki sempat memperluas pilihan Ignis hingga menjadi sekitar 10 tipe sejak 2017 hingga awal 2018, mulai dari tipe GL hingga tipe Sport Edition. Namun, tak lama setelah itu hingga sekarang, pilihannya tersisa ada empat (GL MT, GL AGS, GX MT, GX AGS).

Pada April 2020, di tengah pandemi virus Corona, Suzuki meluncurkan Ignis facelift. Fokus ubahan terdapat pada eksterior khususnya fascia depan dan juga interior. Ada pun mesin maupun fitur tidak mereka utak – atik.

Sejak bulan keempat 2020, Ignis punya gril serta bemper depan baru. Pada sisi muka, ada pula tambahan fog lamp serta bezel untuk membuatnya lebih menarik.

Suzuki Ignis 2021

Sektor buritan diberkahi beberapa penambahan aksesori semisal rear reflector maupun diffuser. Dari sisi warna bodi, sejak itu hingga kini ada pilihan single tone maupun two tone.

Peleknya masih menggunakan ukuran 15 inci sebagai standar.

Diferensiasi pada interior amat minim. Tercatat, hanya material serta corak jok kursi yang diubah.

Dapur pacu masih menggunakan mesin bensin 1.2-liter berkode K12M. Gelontoran tenaganya mencapai 83 ps dengan torsi 112 Nm.

Adapun fitur – fitur yang tersebar di berbagai tipenya antara lain adalah Keyless Entry, Head Unit layar sentuh, Power Outlet 12V/120W, USB AUX Socket, Audio Steering Switch Control, Dual SRS Airbag, ISOFIX, sistem pengereman ABS – EBD.

Di Mobil123.com, sementara ini terdapat 261 iklan Ignis bekas yang dapat Anda pilih. Termurah adalah Rp105 juta yang merupakan rakitan 2017, sedangkan yang termahal Rp153 juta dari tahun rakitan 2019.

  1. Daihatsu Ayla Bekas (Mulai Rp60 Jutaan)

Rekomendasi terakhir adalah Daihatsu Ayla. Alasanya memilih model ini daripada Toyota Agya adalah karena keduanya sebenarnya bisa dikatakan serupa atau bahkan ‘kembar’, tapi Ayla mempunyai pemosisian harga lebih terjangkau.

 

Daihatsu Ayla generasi pertama

Seperti Brio, Ayla juga pertama kali muncul di Indonesia pada 2013 silam untuk meramaikan segmen LCGC. Ketika itu, hanya ada satu pilihan spesifikasi dapur pacu yakni mesin bensin 1.0-liter DOHC berkode 1KER-DE.

Generasi keduanya hadir pada 2017. Mulai saat itu, Daihatsu memberikan konsumen opsi mesin bensin 1.2-liter DOHC Dual VVT-I berkode 3NR-VE.

Daihatsu Ayla generasi kedua

Versi facelift untuk generasi kedua kemudian menyapa pasar otomotif Tanah Air pada Maret 2020, di awal masa pandemi Covid-19 di negeri ini. Tak heran jika peluncurannya pun dilakukan secara virtual.

Dari sisi fitur, sebenarnya kelengkapan Ayla tak lebih impresif dari Brio Satya. Malah mungkin tak sebanyak pesaingnya itu.

Daihatsu Ayla 2021

Fitur – fitur untuk Ayla versi terkini, sebagai contoh, adalah Electric Outer Mirror, AC Digital, Parking Camera, sistem pengereman ABS + EBD, Dual SRS Airbag, Immobilizer. Tidak semua yang disebut barusan menjadi fitur standar.

Namun, Ayla bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa yang mencari mobil bekas dengan harga amat terjangkau. Bagaimana tidak, harga Ayla bekas termurah ketika artikel ini ditulis adalah Rp69 juta (rakitan 2015).

Ayla bekas termahal, di sisi lain, berbanderol Rp132,5 juta (rakitan 2019). Secara total, terdapat 623 iklan Ayla bekas di Mobil123.com yang bisa Anda telisik. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar