2 Muscle Car Buatan 2018 Dilelang Sangat Murah, Kondisi Remuk

Berita Otomotif

2 Muscle Car Buatan 2018 Dilelang Sangat Murah, Kondisi Remuk

NEW YORK - Sepasang Ford Mustang keluaran tahun 2018 dilelang dengan harga sangat murah namun punya kondisi yang sangat mengenaskan. Kedua bekas mobil uji tabrak.

Mungkin sebagian dari Anda tidak terpikir untuk membeli mobil bekas uji tabrak. Tapi bagi sebagian lainnya ini adalah sebuah peluang yang bisa menguntungkan.

Baru-baru ini seperti diberitakan The Drive, terdapat sepasang Ford Mustang 2018 dalam kondisi rusak dilelang di GSA Auction. Keduanya adalah korban alias bagian dari kelinci percobaan uji tabrak yang dilakukan oleh The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau badan keselamatan jalan raya Amerika.

Kedua Mustang 2018 ini berada di Buffalo, New York, Amerika Serikat. Dan menurut standar layak jalan di sana, keduanya praktis sudah sangat sulit atau hampir tidak mungkin diperbaiki.

Meski demikian bukan berarti keduanya tidak lalu dilelang. Penawaran sudah masuk, masing-masing sekitar Rp 17 jutaan untuk mustang berwarna merah marun dan Rp 34 jutaan yang berwarna kuning. 

Meski sangat murah tapi masih ada harganya, tidak dilangsung dibawa ke tempat pembuangan untuk dihancurkan kemudian didaur ulang. Karena sejatinya dibalik kerusakan tersebut masih ada beberapa part yang masih bisa dimanfaatkan. Jika meminjam istilah di Indonesia bisa disebut mobil kampakan atau pretelan.

2 Muscle Car Buatan 2018 ini Dilelang Sangat Murah, Kondisi Remuk
Part-part yang masih bisa dimanfaatkan terlihat cukup banyak karena kedua Mustang entry level ini adalah korban pengetesan tabrakan samping sebelah supir, bukan frontal. Jadi kemungkinan kondisi mesin 2.3 liter EcoBoost dan transmisi set sepertinya masih bisa dimanfaatkan.

Part lain yang pasti masih bagus adalah velg dan ban, knalpot, sistem pengereman, pintu samping penumpang serta banyak dari bagian interior. Artinya, jika ditotal part per part masih cukup menguntungkan. 

Jujur saja, jika membayangkan kedua mobil ini ada di Indonesia, ceritanya bakal berbeda. Banyak dari bengkel spesialis mobil-mobil bekas tabrakan kemungkinan masih bisa merestorasi kedua Ford Mustang 2018 untuk kembali berkilau di jalan.

Apalagi regulasi sebuah mobil bisa dikategorikan layak jalan di Indonesia tentu tidak seketat di Amerika Serikat. Prinsipnya ketika masih cukup rapih, cukup nyaman dikendarai juga stabil itu sudah dianggap layak jalan, karena praktis tidak ada pengecekan resmi atau aturan mengikat untuk mobil pribadi yang baru saja mengalami restorasi besar pasca tabrakan. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar